National Drama : Hanzawa Naoki

Sebenarnya aku sudah lama menuliskan review untuk drama Hanzawa Naoki, draft nya cukup lama berada di folder karena aku sedikit kesulitan untuk menuliskan review nya, tanpa harus membawa-bawa istilah per-bank-an ataupun perekonomian. Walaupun dramanya sendiri tidak membahas secara khusus tentang permasalahan perbankan.

vsOl6aq

Hanzawa Naoki Hanzawa Naoki yang ditayangkan oleh stasiun televisi nasional Jepang TBS mendapatkan rating paling tinggi untuk drama yang tayang pada season lalu, menceritakan tentang kehidupan para pegawai bank. Dari segi pekerjaan, politik uang, dan juga sedikit kehidupan keluarga mereka. Tidak ada bumbu romantisme dalam drama ini. Untuk penikmat drama yang bergenre romantis, mungkin Hanzawa Naoki akan sedikit membosankan.

Hanzawa Naoki mendapatkan rating tertinggi pada episode terakhir, dibandingkan drama-drama lain. Bahkan angkanya melebih 40%!!. Angka yang sungguh fantastis untuk sebuah drama dalam beberapa tahun ini dalam sejarah penayangan drama di Jepang. Setahuku, drama dengan rating tertinggi adalah drama milik Takuya Kimura, dan itu sudah terjadi bertahun-tahun yang lalu. Kalau melihat genre drama Takuya Kimura yang pada saat itu mengusung tema romantisme, rating tinggi adalah hal yang wajar. Siapa sih yang tidak menyukai cerita-cerita yang penuh dengan bumbu romantisme yang mengharu biru.

Berbeda dengan Hanzawa Naoki yang mengusung tema politik uang tanpa ada bumbu romantisme. Kenapa Hanzawa Naoki mampu menyedot begitu banyak perhatian orang sehingga mampu mendapatkan rating yang cenderung naik. Bahkan tidak ada degradasi rating selama drama ini ditayangkan. Well, mungkin inilah yang bisa disebut sebagai drama nasional.

Rating drama dengan angka 40%, yang terbayang dipikiranku adalah pada saat drama ini ditayangkan, hampir setengah dari penduduk Jepang berada di depan televisi untuk menontongnya. LOL

Menurutku, drama ini sangat bagus, untuk memacu adrenalin walaupun hanya bertumpu pada kekuatan dialog. Sedangkan untuk perkembangan karakter tidak ada yang terlalu berarti karena karakter dalam drama ini cenderung statis. Plot : cenderung repetitive tapi dengan level yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s