Zhen Huan vs Jang Hee Bin

Legend of Concubine Zhen Huan dengan jumlah episode 76, sebenarnya sudah aku selesaikan sekitar dua bulan yang lalu dengan menontonnya secara maraton. Drama dengan jumlah episode paling banyak yang aku pernah tonton. Aku menikmati setiap episode Zhen Huan. Tidak ada kata dragging atau script writer mengalami lost. Semua episodenya di kemas dalam sebuah kesatuan yang sungguh indah, jalinan cerita yang percaya diri dan solid. Selain itu, wardrobe para bangsawan yang dipakai sangat cantik. Hanya sayang wardrobe yang dipakai para pelayan dan kasim tidak sebagus yang ada di Bu Bu Jing Xin. Hal lain yang menganggu adalah, aktor pemeran Yong Zhen atau 4th Prince adalah aktor setengah baya yang menurutku kurang begitu pas disandingkan dengan Sun Li dan para selir yang lain. Karena sebelum menyelesaikan Zhen Huan, aku terlebih dahulu menyelesaikan Bu Bu Jing Xin, dimana 4th Prince adalah seorang laki-laki yang begitu gagah, cakap dan mempesona (oh my dear Nicky Wu <3). Ok just forget it.

Legend-of-Concubine-Zhen-Huan

Zhen Huan, bercerita tentang kisah Selir Xi, salah satu selir 4th Prince yang menjadi Kaisar Dinasty Qing, yang berhasil menjadi selir paling berpengaruh dan ibu suri (Zhen Huan sendiri tak pernah menjadi seorang permaisuri) setelah Kaisar Yong Zhen meninggal, menjadikan putranya sebagai Kaisar Qianlong yang terpandang. Dalam Zhen Huan, ceritanya tidak 100% sesuai dengan kejadian sejarah yang sebenarnya. Tapi kita bisa melihat dan sedikit belajar bagaimana para bangsawan hidup di dalam sebuah istana. Untuk informasi, pemilihan selir di Dinasty Qing dilakukan setiap beberapa tahun sekali. Hal itu dilakukan agar kaisar mempunyai keturunan yang banyak. Jadi bisa dibayangkan, dalam Kota Terlarang kamu akan menjumpai banyak sekali selir, bahkan bisa dalam jumlah puluhan.

Berbeda dengan kerajan-kerajan yang ada di Korea, raja-raja di Korea mengambil beberapa selir bukan karena raja melakukan pemilihan secara resmi. Karena seluruh wanita yang ada di dalam istananya sudah menjadi miliknya, secara tidak langsung wanita-wanita yang ada di istana adalah selir raja. Mereka tidak diperbolehkan untuk menjalin hubungan apapun dengan dunia luar. Apalagi menjalin percintaan dengan laki-laki lain. Mereka akan naik status apabila mendapatkan kesempatan untuk tidur bersama raja. Kalau tidak, mereka akan selamanya terpenjara di istana dan mungkin mati di dalam istana tanpa mengenal cinta.

Sedangkan pada dinasty di Cina, wanita-wanita di dalamnya diperbolehkan untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Dan apabila akan menikah harus mendapatkan persetujuan dari Kaisar.

Oke lets stop this rumbling

f46d04f57b0f110c990f1f

Pada awalanya Zhen Huan tidak pernah menginginkan untuk mengikuti pemilihan selir kaisar. Tapi karena pada saat itu merupakan sebuah kewajiban dari setiap anak-anak pejabat negara, Zhen Huan terpaksa harus mengikutinya. Jika seorang anak pejabat kerajaan yang berhasil dipilih menjadi selir kaisar, hal ini akan menjadi sebuah keberuntungan untuk keluarganya tetapi juga sekaligus musibah. Jika kaisar menjadikan seorang gadis sebagai selir favoritnya, maka kaisar akan memberikan hak kepadanya untuk mengatur rumah tangga di beberapa istana dan bertanggung jawab kepada kepala rumah tangga istana, dalam hal ini adalah permaisuri.  Selain itu keluarga (ayah, kakak atau adik laki-laki) seorang selir pun akan mendapatkan kedudukan dalam pemerintahan. Tetapi jika seorang selir melakukan kesalahan, maka seluruh keluarganya bisa mendapatkan imbas atas hukumannya.

Perjuangan Zhen Huan untuk menjadi selir favorit kaisar tidaklah mudah dan semulus yang dibayangkan. Jika dalam Jang Ok Jung, Life in Love, tokoh selir Jang Hee Bin diceritakan sebagai wanita yang paling dicintai oleh raja dan mendapatkan kedudukannya karena raja sangat mencintainya dan ingin melindunginya. Berbeda dengan Zhen Huan, dia harus berjuang untuk menjadi selir yang di perhatikan, dicintai bahkan bisa mempengaruhi kaisar.

Pada awalnya Zhen Huan tidak mencintai kaisar, tapi seiring dengan waktu yang berjalan Zhen Huan membuka hatinya untuk kaisar. Bahkan ada suatu saat dimana Zhen Huan sangat membenci kaisar. Yongzhen menjadikan Zhen Huan sebagai selir favoritnya, bukan hanya karena kecantikannya saja, namun juga karena kecerdasannya. Zhen Huan harus bersaing dengan selir-selir lain yang ingin mendapatkan perhatian kaisar. Bahkan harus berani mengambil segala tindakan untuk melindungi nyawanya.

Zhen Huan harus berjuang untuk tetap bertahan hidup di Kota Terlarang, menghindari ancaman pembunuhan, kalau perlu melakukan pembalasan. Berjuang untuk melindungi keluarganya. Berjuang untuk tetap dicintai oleh kaisar.

jang2-d4ce8

Bertahan hidup di istana adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap penghuninya. Hal ini juga yang dilakukan oleh Jang Hee Bin sebagai selir Suk Jong. Bahkan pencapaiannya sebagai permaisuri patut diacungi jempol. Aku percaya Jang Hee Bin melakukan segala upaya untuk tetap bertahan hidup di istana, tetap dicintai oleh Suk Jong, dan melindungi anak dan keluarganya. Hanya saja usaha Jang Hee Bin terjegal dan harus dibayar dengan hukuman mati. Berbeda dengan Zhen Huan yang berhasil bertahan hidup, menjadikan anaknya sebagai Kaisar Dinasty Qing sepeninggal Yongzhen dan menjadi Ibu Suri, walaupun dia sendiri tak pernah mendapatkan gelar permaisuri.

Jang Hee Bin : mati
Zhen Huan : hidup

Drama ini sangat aku rekomendasikan, karena kita bisa melihat bagaimana penghuni istana berjuang untuk tetap bertahan hidup di dalam istana. Istana yang dari luar terlihat begitu gemerlap dan indah, pada kenyataannya didalamnya sangat mengerikan dan mencekam.

Bahkan aku tak pernah bermimpi untuk hidup di istana sebagai seorang putri. Karena aku tahu setiap perempuan selalu punya mimpi untuk hidup sebagai seorang putri sebuah istana ^_^

2 thoughts on “Zhen Huan vs Jang Hee Bin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s