Bu Bu Jing Xin : Maertai Ruoxi vs 4th Prince

tumblr_mnc10lswkd1qe9cl2o1_500

Part 1 : Road To The Prince

Part 2 : Maertai Ruoxi vs The Princes

Its gonna be a long long long post

Rasanya tidak ada yang tidak aku suka dari OTP ini. Segala sesuatu tentang mereka aku suka dan jatuh cinta pada kisah cinta mereka yang begitu indah, pahit, manis dan epic. Bahkan aku menyukai karakter mereka diluar romantisme yang mereka bangun sebagai OTP. Karakter Ruoxi dan 4th Prince masing-masing kuat dimana Nicky Wu dan Liu Shi Shi membuatnya begitu hidup. Dari mana aku harus mulai?

Pertemuan Pertama
Pertemuan pertama kali mereka bukanlah sebuah pertemuan yang bisa dibilang romantis. Bahkan pada saat Ruoxi meminta 4th Prince untuk menikahinya pun sama sekali tidak romantis. Tapi entahlah, aku sangat menyukai OTP ini. Berbeda dengan Ruoxi dan 8th Prince yang bertemu dengan nuansa romantis. 4th Prince bertemu Ruoxi tanpa sengaja pada saat gadis modern ini berlari ke arah kuda 4th Prince. Peristiwa ini membuat Ruoxi menyadari mungkin salah satu cara untuk kembali ke tahun 2011 adalah dengan menuju jalan kematian.

bbjx2-life-is-mine

Pada saat itulah Ruoxi menyadari bahwa ia berhadapan dengan calon Kaisar Dinasty Qing, Yongzhen. Ruoxi kembali bertemu dengan 4th yang sedang berkuda untuk kedua kalinya, dan peristiwa ini dianggap 4th Prince sebagai kesengajaan. Dan sebagai seorang pangeran dengan kekuasaan yang melebihi rakyat biasa, 4th Prince mengeluarkan mandat untuk Ruoxi

“Tanpa ijinku, kamu tidak boleh mati”

Sebagai seorang gadis modern yang terlempar ke masa Dinasty Qing, Ruoxi menyadari betul bagaimana sejarah akan berakhir. Tapi satu hal yang membuatnya resah, karena dia tidak tahu bagaimana sejarah akan berjalan sampai pada akhir cerita dan bagaimana nasibnya di Dinasty Qing. Tanpa ia sadari nasihat dari 4th Prince lah yang membuatnya bertahan hidup di Dinasty Qing semenjak ia tidak bisa menemukan jalan pulang ke tahun 2011.

Bisa berhadapan langsung dengan calon Kaisar yang terkenal dan begitu banyak dibicaran oleh masyarakat modern di masanya, Ruoxi tidak bisa menyembunyikan kegugupannya di hadapan 4th Prince. Hal ini dipandang oleh 13th Prince bahwa Ruoxi menyimpan perasaan untuk 4th Prince. tentu saja hal itu disangkal oleh Ruoxi karena pada saat itu Ruoxi masih menjalin hubungan dengan 8th Prince. Tapi anehnya setiap kali Ruoxi ditanya bagaimana perasaannya tentang 8th Prince, dia sendiri tidak tahu bagaimana perasaannya sendiri. Dan sebagai seorang pria, 4th Prince tahu tentang bimbangnya hati Ruoxi. Dan yang aku suka 4th Prince tidak pernah memaksa Ruoxi untuk menjawab segala pertanyaanya.

Bubujingxin_4thPrince_NickyWu_Ruoxi_LiuShiShi_Together212

Dalam sudut pandang Ruoxi pribadi, ia hanya bertindak karena ia menghormati 4th Prince karena dia tahu bahwa 4th Prince adalah kaisar selanjutnya setelah Kangxi meninggal. Tanpa sengaja Ruoxi pun mengumpulkan fakta-fakta tentang 4th Prince. Seolah-olah Ruoxi melakukannya agar nampak bagus dihadapan 4th Prince. Tapi dengan bijaksana 4th Prince menanggapinya dengan santai dan tidak terburu-buru mengambil kesimpulan bahwa Ruoxi menyukainya. 4th Prince memilih untuk menunggu dan bergerak pada waktu yang tepat.

4th Prince memberikan beberapa hadiah kepada Ruoxi sambil mengobservasi bagaimana sebenarnya perasaan Ruoxi. Pada saat Ruoxi memutuskan untuk berpisah dari 8th Prince (aku sudah menulis beberapa alasan yang membuat Ruoxi memilih untuk meninggalkan 8th Prince, kamu bisa mencarinya di postku sebelum ini), di sisi lain hubungannya dengan 4th Prince semakin kuat.

4th Prince dan Ruoxi saling jatuh cinta. Mereka saling berjanji. 4th Prince bahkan berjanji akan meminta Kangxi agar menikahkan mereka, tapi perjalanan cinta mereka tak semulus harapan atau semanis cerita-cerita dongeng. Pada saat 13th Prince dijatuhi hukuman oleh Kangxi, sebagai teman yang paling dekat dengan 13th Prince, Ruoxi berusaha untuk menolongnya, alih-alih mendapatkan hukuman untuk berlutut sampai Kangxi mengijinkan untuk berdiri. Selama 3 hari 3 malam dan dalam guyuran hujan lebat, Ruoxi berlutut. Ruoxi sadar betul tindakannya akan merugikan posisinya dimata Kangxi. Bahkan Ruoxi sendiri sudah menduga kalau 4th Prince akan datang dan membatalkan janjinya untuk menikahi Ruoxi. Bukan karena 4th Prince tidak ingin, tetapi karena peristiwa berlututnya Ruoxi yang di ikuti oleh putra-putra Kangxi yang lain sudah pasti Kangxi tidak akan mengijinkan. Lebih buruk lagi, Kangxi akan mencurigai 4th Prince dan Ruoxi sendiri. Perpisahan mereka terasa begitu pahit, bukan karena mereka tidak saling mencintai, tapi karena keadaan menuntut mereka saling melindungi satu sama lain.

53c6cff343b63ab7b4954fe7e28199236cf1c2f4Mencintai berarti saling melindungi

Ruoxi tetap tinggal di Kota Terlarang untuk melayani Kangxi. Sementara 4th Prince mengundurkan diri dari court untuk menghindari kecurigaan Kangxi. Mengingat Kangxi selalu menaruh kecurigaan pada para putra-putranya dalam mencari kesempatan untuk menjadi Putra Mahkota.

Setelah lama berpisah, ternyata 4th Prince masih sangat peduli dengan Ruoxi. Terbukti pada saat Kangxi dan Ruoxi berkunjung ke kediaman 4th Prince, ia rela pasang badan untuk melindungi Ruoxi dari anak panah nyasar.

Bubujingxin_4thPrince_NickyWu_Ruoxi_LiuShiShi_Shot_Arrow

Dari peristiwa itulah Ruoxi semakin yakin akan cintanya pada 4th Prince. Seseorang yang tidak ragu melindunginya walau dirinya sendiri harus terluka. Bahkan Ruoxi menyimpan anak panah -yang nyaris melukainya dan pada akhirnya melukai 4th Prince karena melindunginya- seumur hidupnya. Menjadikannya sebagai barang berharga.

Hubungan Ruoxi dan 4th Prince terbangun kembali. Bahkan karena Ruoxi yakin 4th Prince tidak akan melupakannya, dia membuat sumpah bahwa 4th Prince tidak boleh melupakan Ruoxi sebelum Ruoxi terlebih dahulu melupakan 4th Prince.

4th Prince berjanji pada Ruoxi akan mencari waktu yang tepat untuk bisa meminta kepada Kangxi agar benar-benar menikahinya. Pada saat tingkat cinta mereka semakin kuat, ujian pun semakin banyak menerpa. Tiba-tiba saja dekrit Kangxi turun pada Ruoxi untuk menikah dengan 14th Prince adik kandung 4th Prince yang pada saat itu menjadi putra kesayangan Kangxi.

Ruoxi yang sedari semula tak pernah menyukai posisinya yang dianggap sebagai barang yang mudah diberikan sebagai hadiah dan pemikirannya sebagai wanita modern, dengan tegas dan tidak ragu menolak dekrit dari Kangxi. Menolak perintah kaisar adalah sebuah kejahatan pada masa itu. Kangxi sangat marah dan menghukum Ruoxi dengan hukuman cambuk 20 kali dan pemindahan Ruoxi sebagai pencuci baju.

Semua putra-putra Kangxi yang dekat dengan Ruoxi sangat heran dengan kejadian ini. Karena pada dasarnya Kangxi sangat menyayangi Ruoxi. Tapi Ruoxi sendiri tidak pernah mengungkapkan alasan kenapa Kangxi sampai hati menghukum Ruoxi. Hanya pada 4th Prince, Ruoxi mengungkapkan alasannya tanpa diminta.

BBJX - 24.FLV_snapshot_22.50_[2013.07.19_03.42.22]

Saat bertemu, 4th Prince akhirnya mengetahui peristiwa dibalik dihukumnya Ruoxi. Wanita yang dicintainya menolak perintah kaisar demi dirinya. Melihat pengorbanan Ruoxi yang begitu besar untuk tetap menunggu 4th Prince semakin menguatkan cinta lelaki ini pada Ruoxi. Keinginannya semakin kuat untuk menyelamatkan dua orang yang sangat dicintainya, 13th Prince dan Ruoxi. Jalan satu-satunya adalah dengan menjadi kaisar.

Pada saat 4th Prince berhasil sebagai putra Kangxi yang mendapatkan tahta Dinasty Qing, orang pertama yang melakukan kowtow kepada Kaisar Baru adalah Ruoxi. Peristiwa ini yang sangat ditunggu-tunggu Ruoxi, karena pada akhirnya ia bisa terlepas dari Kangxi dan hidup bersama dengan 4th Prince.

fullscreen-capture-1212011-45045-pm-bmp

Hidup bersama dan jatuh cinta dengan seorang Kaisar bukanlah perkara mudah, dan Ruoxi sadar betul atas pilihan hidupnya. Walaupun dekat dengan 4th Prince yang sudah menjadi Kaisar, bukan berarti menikah dengannya adalah urusan mudah seperti membalik telapak tangan. Saudara-saudara 4th Prince yang tidak menyukainya karena berhasil menjadi Kaisar mencoba memanfaatkan kedekatannya mereka dengan Ruoxi dan 4th Prince.

Semakin mereka saling mencintai, semakin banyak orang yang memanfaatkan hubungan mereka. Hal ini sangat di sadari oleh 4th Prince. Beberapa tindakannya sebenernya bertujuan untuk melindungi Ruoxi, alih-alih menyakitinya. Ruoxi pernah menyatakan pada 4th Prince bahwa ia ingin sekali membenci 4th Prince tapi tidak mampu untuk melakukannya. Ruoxi sadar bahwa 4th Prince harus bertindak sebagai kaisar dan berhak melakukan apapun.

Pada saat Ruoxi menyadari bahwa tindakan-tindakannya di masa lalu yang menyebabkan tragedi di Kota Terlarang, batinnya diliputi perasaan bersalah mengakibatkan kesehatannya semakin memburuk. Ruoxi tidak sanggup melihat 4th Prince melakukan cara apapun untuk melindunginya tetapi pada akhirnya malah menyakiti dirinya sendiri. Ruoxi pun memilih untuk meninggalkan 4th Prince dengan bantuan 14th Prince dan 8th Prince. Akan tetapi keputusan Ruoxi menjadi bumerang untuk dirinya dan 4th Prince. Pengakuan 8th Prince tentang hubungan mereka di masa lalu membuat 4th Prince merasa sangat dikhianati oleh Ruoxi. Hati Ruoxi sangat tersayat saat melihat 4th Prince menangis karena pengkhianatannya.

4th Prince akhirnya menyetujui Ruoxi agar dapat keluar dari Kota Terlarang dan menikah dengan 14th Prince. Bukan berarti 4th Prince tidak mencintainya. Tapi ia berusaha agar Ruoxi tidak lagi memikirkan orang-orang disekitarnya tanpa memikirkan dirinya sendiri yang pastinya akan berakibat buruk untuk kesehatan Ruoxi. Saat kita mencintai seseorang, pengorbanan terbesar yang bisa kita lakukan adalah dengan melepaskannya dari penderitaan. Itulah yang dilakukan 4th Prince

Sayangnya, keputusan Ruoxi dan 4th Prince untuk saling melepaskan tidak berdampak baik untuk kesehatan Ruoxi. Setelah berpisah dari 4th Prince, Ruoxi tidak bisa tidak merindukannya, memikirkan apakah 4th Prince masih begitu marah padanya, dan apakah 4th Prince sudah memaafkannya. Ruoxi mengirimkan surat pada 4th Prince saat menyadari waktunya tidak banyak lagi. Ruoxi bangun tiap hari dan berdandan untuk menunggu 4th Prince datang menemuinya sampai akhirnya ia menghembuskan nafas terakhir. Its so heartbreaking pada saat Ruoxi tidak bisa menutup matanya di pelukan 14th Prince dan masih sangat ingin bertemu 4th Prince.

340541162561303442_3385cb4b_f

Di sisi lain 4th Prince baru membaca surat Ruoxi setelah 7 hari kematian wanita yang dicintainya karena kecerobohan 14th Prince. Hatiku semakin tersayat-sayat saat melihat 4th Prince menangis membaca surat Ruoxi dan menemukan semua hadiah-hadiahnya masih di simpan Ruoxi dengan rapi sebagai hartanya yang paling berharga

Aku benar-benar tidak bisa mendeskripsikan bagaimana manis dan begitu pahitnya dua episode terakhir Bu Bu Jing Xin. 4th Prince dan Ruoxi, dua orang yang saling mencintai, melewati begitu banyak rintangan tidak bisa selalu bersama seperti keinginan mereka. Seolah-olah seluruh alam semesta bekerja sama untuk memisahkan mereka. Walaupun pada akhirnya mereka tetap saling mencintai sampai ajal. Sepeninggal Ruoxi, 4th Prince bekerja begitu keras untuk mewujudkan Dinasty Qing sesuai dengan keinginannya. Walaupun dia hidup, hatinya telah mati bersama Ruoxi. Sampai pada akhirnya 4th Prince meninggal, menyusul wanita yang di cintainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s