Bu Bu Jing Xin : Road To The Princes

tumblr_m28pd9LHLp1r2pfo7

Akhirnya selesai nonton Bu Bu Jing Xin sebanyak 35 episode secara marathon. Menurutku Bu Bu Jing Xin adalah drama dengan plot sederhana walaupun berdasarkan catatan sejarah pada masa pemerintahan Dinasti Qing yang kompleks. Tapi mudah kita ikuti karena kita sebagai penonton tidak ikut pusing dengan plot perebutan tahta yang terjadi antara putra-putra Kaisar Kangxi. Penonton hanya melihat akibat yang terjadi akibat plot atau permainan politik.

Dalam BBJX kita tidak melihat siapa yang jahat dan siapa yang menjadi orang suci. Tidak ada yang menang dan tidak ada yang kalah. Semua tokoh melakukan motif beralasan dan berkembang dengan sangat baik. Untuk mempermudah mengikuti bagaimana jalan cerita BBJX kita perlu mengenal putra-putra Kaisar Kangxi terlebih dahulu juga karakter mereka dalam cerita.

340522331991043110_e4b6892d_f4th Prince (Yinzen)
Putra ke empat Kaisar Kangxi yang nantinya penjadi pewaris tahta setelah ayahnya meninggal. 4th Prince adalah pribadi yang tenang, cool dengan  sedikit bicara. Merupakan salah satu putra favorit Kaisar tapi sayang 4th Prince tidak menjadi putra favorit ibu kandungnya. Bahkan saudara-saudaranya berusaha menyingkirkan 4th Prince dari court. Segala tindakannya dilakukan untuk melindungi wanita yang ia cintai, menegakkan keadilaan dan peratutan dalam kerajaannya, menguatkan posisinya sebagai kaisar. Sebagai seorang kaisar yang besar dan sukses tidak berarti hidupnya menjadi bahagia. Pada akhirnya, iya tetap menjadi 4th Prince yang kesepian. Aku harap pada sequel BBJX ia mendapatkan akhir yang bahagia.

340528608847796554_7c22a399_f8th Prince (Yinsi)
Putra kedelapan Kaisar Kangxi. Merupakan salah satu putra Kaisar yang paling banyak mendapatkan dukungan dari court untuk mendapatkan posisi Putra Mahkota setelah Kaisar Kangxi mencopot gelar Putra Mahkota. Tapi sayang Kaisar Kangxi tidak begitu menyukainya karena latar belakang 8th Prince yang merupakan anak dari selir dengan latar belakang dari kalangan rendah. Hal ini membuat 8th Prince melakukan banyak cara untuk mendapatkan perhatian dari ayahnya, namun berubah menjadi manuver politik yang merugikan dirinya sendiri. Dalam cerita BBJX 8th Prince adalah karakter yang kadang aku benci.

2zimo129th Prince (Yintang)
Putra kesembilan Kaisar Kangxi. Disebut-sebut sebagai putra yang paling disayang oleh Kaisar Kangxi walaupun tidak pernah memberikan kontribusi pada pemerintahan. Pada awalnya 9th Prince adalah pendukung 8th Prince untuk mendapatkan gelar Putra Mahkota, namun setelah manuver politik 8th Prince mengalami kegagalan ia berubah haluan untuk mendukung 14th Prince. Dalam drama BBJX karakter 9th Prince digambarkan sebagai karakter yang ceroboh, tidak sabaran, dan manipulative. Aku tidak bisa untuk tidak membencinya di sini walaupun karakter 9th Prince tidak sering muncul, tapi dialah yang menjadi salah satu karakter yang membawa cerita mencapai pra-klimaks.bbjx-yu-ze-xin-10th-prince

10th Prince
Putra kesepuluh Kaisar Kangxi. Aku belum bisa menemukan catatan khusus yang menceritakan tentang kehidupan 10th Prince dalam sejarah. Dalam BBJX diceritakan bahwa 10th Prince sebagai putra kaisar yang tidak terlalu pintar, berkepribadian menyenangkan dan lucu. Setiap kemunculannya selalu membawa suasana menjadi lebih segar dan hidup. Secara pribadi aku cukup netral dengan karakter ini.

340544300989680164_265b462b_f13th Prince (Yinxiang)
Putra ketigabelas Kaisar Kangxi. Dikenal sebagai salah satu putra Kaisar Kangxi yang paling dekat dengan 4th Prince dan menjadi pendukungnya yang paling militan. Pada masa pemerintahan Kaisar Kangxi, 13th Prince dihukum dengan tahanan rumah selama 10 tahun. Dalam BBJX diceritakan 13th Prince dihukum demi menyelamatkan 4th Prince atas manuver politik yang dilakukan oleh 8th Prince yang memfitnah 4th Prince. Sesuai dengan catatan sejarah, 13th Prince dibebaskan dari hukumannya setelah 4th Prince menjadi Kaisar Qing ke lima. Selama pemerintahan 4th Prince, 13th Prince membantu pemerintahan tanpa lelah. Karakter 13th Prince adalah karakter yang paling aku sukai dalam drama ini. Selain pemberani, setia, militan, dia juga pemaaf. I do really really love him. Brotherhood 4th Prince dan 13th Prince juga sangat bagus dan mengharukan.

340538024132926720_1afb6c76_f14th Prince (Yinti)
Putra ke empatbelas Kaisar Kangxi. Disebut-sebut sebagai putra Kaisar yang mendapatkan kandidat sebagai Putra Mahkota karena mempunyai yang sama dengan ayahnya. Bahkan mendapatman kepercayaan Kaisar Kangxi untuk menjadi jendral besar dalam invasi ke beberapa daerah. 14th Prince mempunyai ibu kandung yang sama dengan 4th Prince. Dalam BBJX 14th Prince menjadi putra kesayangan ibunya. Dalam catatan sejarah disebutkan kalau 14th Prince adalah ancaman terkuat dalam pemerintahan 4th Prince. Walaupun saudara satu ibu 4th Prince tidak ragu untuk menghukum 14th Prince sebagai tahanan rumah seumur hidupnya. Secara pribadi aku melihatnya seperti 8th Prince, kadang membencinya dengan beberapa langkah yang dia lakukan.

2 thoughts on “Bu Bu Jing Xin : Road To The Princes

  1. Pingback: Bu Bu Jing Xin : Maertai Ruoxi vs The Princes | Bukan akhir dari sebuah cerita

  2. Pingback: Bu Bu Jing Xin : Maertai Ruoxi vs 4th Prince | Bukan akhir dari sebuah cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s