Jang Hee Bin

4222_JangOkJungLiveInLove_Slider

Jika kamu membaca tentang sejarah dunia, pasti mengenal banyak tokoh femme fatal. Salah satunya ada di jaman Joseon (Korea sekitar tahun 1600-an), masyarakat Korea mengenalnya dengan nama Jang Ok Jung. Seorang pelayan istana yang menjadi selir di masa pemerintahan Sukjong, yang pada akhirnya menjadi ratu.

Cerita tentang Jang Hee Bin sudah layaknya seperti cerita rakyat yang diceritakan turun menurun dan menjadi bagian dari pop culture. Sejak tahun 1961 sampai sekarang, perjalanan hidup seorang Jang Ok Jung sampai menjadi Queen Bu Ok telah diadaptasi dalam berbagai movie dan drama. Dalam cerita yang di yakini oleh sebagian besar masyarakat Korea dan berbagai adaptasi, Jang Hee Bin digambarkan sebagai seorang wanita yang haus akan kekuasaan. Jang Hee Bin juga beberapa kali di sebut dalam Annals of Joseon sebagai wanita paling cantik di jamannya.

Dalam drama adaptasi terbarunya, Jang Ok Jung Live in Love yang ditayangkan oleh SBS mulai bulan April yang lalu diceritakan bahwa Jang Ok Jung mengawali karirnya sebagai perancang busana (aku tidak tau istilah pada jaman Joseon). Selang beberapa waktu kemudian Jang Ok Jung memasuki istana atas rekomendasi Prince Dongpyeong untuk menjadi pelayan nenek tiri Suk Jong (permaisuri kedua King Injo). Hal ini sesuai dengan yang tertulis dalam sejarah. Dan pada tahun 1686 King Suk Jong melihatnya dan menjadikan selirnya dengan gelar Suk Won.

942756_523378634386466_1186107259_n

Dalam sejarah yang tertulis kita tidak pernah tau latar belakang Jang Ok Jung sebelum memasuki istana, entah dia seorang dengan kasta rendah seperti yang tertulis dalam novel atau seseorang yang menjadi bagian dr salah satu fraksi pada masa itu. Kita hanya mengenalnya dari sejarah sebagai pelayan istana yang mendapatkan perhatian raja . Hal ini membolehkan setiap orang mempunyai asumsi sendiri tentang siapa Jang Ok Jung sebelum memasuki istana.

Dalam sejarah yang tertulis, King Sukjong terpikat oleh kecantikan Jang Ok Jung. Sebagai orang yang hidup dalam jaman modern, memahami seorang pria yang jatuh cinta pada wanita pada pandangan pertama cukup sulit, karena di dalam kamusku aku tak pernah mengenal cinta dalam pandangan pertama. Tetapi jika kita melihat Sukjong adalah seorang raja yang bisa melakukan apapun, jadi Sukjong berhak atas Jang Ok Jung. Dalam aturan di kerajaan Joseon, seorang raja berhak atas semua wanita yang ada di dalam istana kecuali wanita yang masih memiliki hubungan saudara. Bagaimana kalau ternyata Sukjong memang mengenal Jang Ok Jung sebelumnya?

Sebelumnya mari kita lihat track record pernikahan-pernikahan King Sukjong. Saat masih menjadi Putra Mahkota, Sukjong menikah dengan Lady Ingyoeng dan dikaruniai 2 orang putri yang keduanya meninggal saat masih kecil. Sukjong dan Lady Ingyoeng menikah kurang lebih selama 9 tahun. Dalam masa 9 tahun ini Sukjong tidak disebutkan memiliki selir.
Setelah Lady Ingyoeng meninggal, Sukjong menikah lagi dengan Lady Inhyoen kurang lebih selama 7 tahun tanpa di karuniai anak. Beberapa sumber menyebutkan kalau Lady Inhyoen infertile.
Melihat pernikahan Sukjong dan Ingyoeng yang berlangsung selama 9 tahun tanpa selir dan di karuniai 2 orang putri, kita bisa melihat bahwa sebenarnya Sukjong adalah seorang pria yang setia seperti ayahnya yang hanya memiliki satu orang istri tanpa selir. Seperti yang kita ketahui bahwa tugas seorang raja selain memimpin negaranya, ia juga harus mempunyai banyak keturunan untuk menjaga kelangsungan negara. Kalau saja Lady Ingyoeng tidak meninggal pada usia yang masih begitu muda, aku yakin Lady Ingyoeng bisa memberikan banyak keturunan untuk Sukjong.

jang1-00026

Raja tanpa keturunan adalah hal yang tabu di masa itu. Oleh karena itu, Sukjong menikah kembali dengan Lady Inhyoen. Menurutku Sukjong termasuk raja yang cukup sabar menunggu keturunannya lahir dari permaisurinya, terbukti walaupun 7 tahun menikah dan belum mendapatkan keturunan, Sukjong belum memutuskan untuk mempunyai selir. Mengingat 16 tahun pernikahan dengan dua orang istri tanpa ada keturunan apalagi seorang putra, pastinya meresahkan bagi Sukjong pribadi dan juga seluruh keluaga istana.

Sebagai salah satu anggota keluarga istana yang peduli dengan kelangsungan keturunan kerajaan, aku rasa Prince Dongpyoeung berbaik hati untuk merekomendasikan seorang selir. Mengingat track record pernikahan Sukjong dengan istri pertama tanpa selir, dan istri kedua selama 7 tahun tanpa selir. Agak janggal Sukjong menerima hadirnya seorang selir hanya dengan melihatnya. Alasan-alasan Sukjong menerima dan bahkan mengangkat Jang Ok Jung sebagai selirnya tentu saja tak pernah dijelaskan secara rinci dalam catatan sejarah. Hal ini menimbulkan banyak spekulasi. Pernahkah Sukjong dan Jang Ok Jung bertemu sebelumnya dan jatuh cinta sebelum Sukjong menikah dengan Inhyun? Apakah Sukjong menggunakan Jang Ok Jung untuk mendapatkan keturunan? Apakah Sukjong mendapatkan hasutan dari nenek tirinya dan Prince Dongpyoeung?

Mengingat Jang Ok Jung adalah seorang pelayan dengan kasta rendah, hal ini bukanlah hal yang mudah diterima oleh seluruh anggota keluarga istana dan menteri-menteri kerajaan. Apalagi mendapatkan gelar Suk Won bahkan Bin. Akan lebih mudah apabila Jang Ok Jung mendapatkan dukungan dari sebuah fraksi. Menurut sejarah, Jang Ok Jung mendapatkan dukungan dari fraksi Noron. Secara logika, sebuah fraksi mendukung seorang pelayan istana agak terdengar absurd. Sebuah fraksi akan lebih suka mendukung seorang wanita dari kalangan atas atau aristokrat yang punya latar belakang baik. Dalam beberapa adaptasi Jang Ok Jung disebutkan di dukung oleh fraksi Noron setelah mendapatkan perhatian atau promosi dari Sukjong sebagai selir. Tapi dalam pandanganku, Sukjonglah yang secara pribadi menginginkan Jang Ok Jung mendapatkan dukungan dari Noron dengan berbagai syarat dan ketentuan. Keuntungan Sukjong adalah mendapatkan selir yang diinginkannya dengan dukungan salah satu fraksi. Hal ini pun menguntungkan untuk fraksi Noron. Mari kita ulang korelasinya.

– sebuah fraksi yang terdiri dari kalangan atas, aristrokat dan bangsawan tidak akan begitu saja memberikan dukungan pada seorang pelayan yang kastanya lebih rendah dari pada mereka
– keluarga istana tidak akan dengan mudah menerima selir raja berasal dari kasta rendah apalagi melahirkan anak raja
– tidak semua pelayan di istana yang tidur dengan raja akan mendapatkan gelar selir. Kebanyakan dari mereka hanya mendapatkan satu malam bersama raja dan dilupakan.
– dengan menempatkan Jang Ok Jung dalam dukungan sebuah fraksi, Sukjong dapat mempromosikannya sebagai selir dan mendapat persetujuan permaisuri
– Fraksi yang mendukung Jang Ok Jung atas permintaan Sukjong akan mendapatkan posisi dalam court. Hal ini menjadi win win solution bagi Sukjong dan Noron

Pertanyaannya adalah, begitu besarnya kah keinginan Sukjong atas Jang Ok Jung sebagai selir yang mendampingi hidupnya? Apakah Sukjong benar-benar jatuh cinta pada Jang Ok Jung?

Dalam spekulasi pribadiku, Sukjong dan Jang Ok Jung pernah bertemu dan jatuh cinta pada saat Sukjong kehilangan Lady Ingyoeng. Tentu saja tidak akan begitu mudah bagi Sukjong yang seorang raja memperistri seorang pelayan istana. Apalagi selama ibu suri masih ada dan mengatur masalah yang ada di dalam istana. Sukjong yang seorang raja harus mengikuti aturan yang ada, menikah kembali dari kalangan yg sudah ditentukan oleh aturan yaitu dengan Lady Inhyoen. Selama 7 tahun menikah, Lady Inhyoen belum juga mendapatkan keturunan, hal ini menyebabkan Sukjong putus asa dan akhirnya menunjuk Jang Ok Jung kekasihnya untuk menjadi selir. Kemungkinan kedua, Sukjong tak pernah menyentuh Inhyoen sebagai istrinya. Jika hal ini dicatat dalam sejarah akan menjadi hal yang memalukan untuk keluarga istana. Maka ditulis bahwa Inhyoen infertile atau mandul.

Kenapa Inhyoen menyetujui penunjukan Jang Ok Jung sebagai selir suaminya? Hal ini tidak bisa dihindari oleh istri seorang raja. Mungkin juga Inhyoen melakukannya karena ia mencintai Sukjong dan tidak ingin Sukjong yang sudah begitu lama menginginkan seorang anak menunggu lebih lama lagi. Dan sebagai catatan Jang Ok Jung diangkat sebagai selir setelah ibu suri meninggal dunia. Ini membuktikan bahwa Sukjong tidak bisa melanggar peraturan tentang seorang selir yang berasal dari kasta rendah selama ibu suri masih ada.

Tak lama setelah itu Jang Suk Won melahirkan seorang putra yang telah lama diinginkan oleh Sukjong. Dan Jang Ok Jung pun dipromosikan dalam posisi lebih tinggi dengan gelar Hee Bin. Sukjong sangat menginginkan putra pertamanya dinobatkan sebagai putra mahkota. Peristiwa ini sangat ditentang oleh banyak menteri dan kalangan yang mendukung kelangsungan istana. Tentu saja hal ini sangat ditentang, bagaimana seorang putra dari selir yang berasal dari kasta rendah bisa mendapatkan gelar putra mahkota. Sementara di sisi lain Sukjong masih mempunyai permaisuri yang masih muda. Rumor bahwa Lady Inhyoen mandul semakin tidak relevan menurutku. Dalam usia yang relatif masih muda tentu saja Inhyoen masih mempunyai kemungkinan besar untuk bisa hamil. Ada beberapa pasangan yang menikah lebih dari 10 – 15 tahun baru dikaruniai keturunan.

Kenapa di sini Sukjong terkesan tergesa-gesa menunjuk Prince Lee Yoon sebagai putra mahkota? Apakah Sukjong mendapatkan hasutan dari Jang Hee Bin agar putranya mendapatkan gelar putra mahkota? Atau hasutan dari fraksi Noron untuk semakin menguatkan posisi mereka di dalam court? Dalam hal ini mungkin merupakan salah satu langkah politik Sukjong. Jika mengingat asal-usul Jang Hee Bin dari golongan kasta rendah, aku rasa Jang Hee Bin tidak akan punya keberanian untuk mempunyai mimpi setinggi langit. Selama Lady Inhyoen masih mempunyai posisi sebagai ratu.

Keputusan Sukjong menunjuk Prince Lee Yoon sebagai puta mahkota menimbulkan banyak pertentangan, bahkan mungkin bagi Jang Hee Bin. Status putra mahkota adalah dimana seorang anak yang harus dibesarkan oleh seorang ratu. Hal ini mengharuskan Prince Lee Yoon harus dipisahkan dari ibu kandungnya. Kemungkinan besar prince Lee Yoon tidak akan mengenal ibu kandungnya. Hal ini pasti akan menyakitkan untuk Jang Hee Bin.

Mari kita lihat beberapa kemungkinan :
1. Lady Inhyoen menolak untuk menerima Prince Lee Yoon dalam asuhannya sebagai Putra Mahkota. Tentu saja Inhyoen ingin putra kandungnya yang menjadi putra mahkota. Kenapa harus putra dari seorang selir? Fraksi yang mendukung Lady Inhyoen pun menolak perkara ini. Hal ini mengakibatkan kemarahan Sukjong.
2. Jika Inhyoen menginginkan putra kandungnya yang menjadi putra mahkota, kenapa Sukjong tak berusaha untuk mendapatkan keturunan dari Inhyoen? Hal ini semakin menguatkan kalau Sukjong tak pernah menyentuh Inhyoen. Mungkin iya, tapi tak pernah sepenuh hati. Siapa yang tau? Alih-alih malah menggulingkan Inhyoen dari posisi ratu karena menentang keinginan raja.

Untuk mendapatkan status putra mahkota untuk putra pertamanya, Prince Lee Yoon harus dalam asuhan seorang ratu. Sementara Inhyoen menolak dan akhirnya digulingkan. Mau tidak mau Sukjong harus mempunyai ratu baru untuk mengisi kekosongan.

Pada akhirnya Jang Hee Bin dinobatkan menjadi Ratu dengan gelar Queen Bu Ok. Dengan gelar ratu yang di berikan pada ibu Prince Lee Yoon adalah kondisi yang sempurna untuk memberikan gelar putra mahkota pada Prince Lee Yoon. Peristiwa ini mengakibatkan pergantian dalam court secara besar-besaran. Dalam sudut pandang kita yang hidup pada masa 400 tahun kemudian, hal ini bisa saja merupakan salah satu langkah politik yang dilakukan Sukjong atau ada alasan pribadi dibalik semua langkah yang Sukjong lakukan.

Selama 6 tahun Jang Ok Jung mendampingi king Sukjong menjadi ratu Joseon. Salah satu yang menarik terjadi selama pemerintahan Sukjong, dimana Sukjong membolehkan kalangan menengah dan bawah untuk mendapatkan posisi lebih tinggi dalam pemerintahan. Coba kita pikirkan, kenapa Sukjong melakukan hal itu? Apakah karena keinginannya memperbaiki strata dalam masyarakat Joseon dan memberikan kesejahteraan rakyatnya? Atau memberikan alasan yang tepat agar Jang Ok Jung yang juga berasal dari kalangan bawah pun mendapatkan perlakuan yang sama. Seperti yang kita ketahui, dalam masa Joseon strata dalam masyarakat menjadi suatu hal yang sangat penting. Mari kita pertanyakan lagi, apakah Sukjong akan melakukan hal yang sama jika ia tidak bertemu dengan Jang Ok Jung dan mempunyai dia sebagai ratunya?

Disebutkan selama Jang Ok Jung menjadi ratu, banyak konspirasi yang terjadi dalam upaya memgembalikan Lady Inhyoen sebagai ratu. Padahal pada saat itu posisi dan status Lady Inhyoen adalah seorang rakyat biasa. Aku yakin pada saat Sukjong mengembalikan Lady Inhyoen sebagai ratunya, posisinya sangat terpojok karena keadaan court yang kacau.

130408-jang-ok-jung-living-in-love-episode-1-raw

Pada tahun 1694 Lady Inhyoen kembali menjadi ratu dan pada tahun yang sama Sukjong mengambil satu orang selir dari seorang musuri bernama Choi dengan gelar Suk won. Dan kita ketahui juga bahwa Choi berasal dari fraksi yang sama dengan Lady Inhyoen. Bisa jadi Choi adalah salah satu pion politik yang digunakan fraksi Lady Inhyoen dalam konspirasi yang mereka lakukan. Seperti yang kita ketahui bahwa konspirasi politik ini berhasil membawa Lady Inhyoen menjadi ratu kembali.

Kita juga tahu kalau seorang ratu yang diturunkan biasa akan berubah status menjadi rakyat biasa seperti yang terjadi pada Lady Inhyoen. Tapi tidak dengan Jang Ok Jung. Dia tidak diturunkan statusnya sebagai rakyat biasa melainkan kembali menjadi selir dengan posisi bin. Kenapa Sukjong melakukan hal ini?

Dalam pendapat pribadiku, Jang Ok Jung tidak melakukan perbuatan yang membuat Sukjong murka. itulah yang membedakan antara Lady Inhyoen dan Jang Ok Jung pada saat diturunkan dr posisi ratu.

Jang_Ok-Jung-Living_By_Love-0022

Pada tahun 1701 Lady Inhyoen meninggal karena sebab yang tidak diketahui, rumor yang beredar bahwa Jang Ok Jung lah yang telah menyebabkan kematian tersebut dengan menggunakan guna-guna karena rasa cemburu. Rasa cemburu adalah salah satu kejahatan yang tidak boleh dilakukan antara ratu dan selir-selir raja. Dalam beberapa sumber menyebutkan Sukjong sendirilah yang melihat Jang Ok Jung mengguna-gunai Lady Inhyoen. Tapi sumber lain menyebutkan selir Choi yang menyebarkan rumor tersebut. Sangat dimaklumi jika rumor tersebut disebarkan oleh fraksi pendukung Lady Inhyoen. Kenapa hal ini dilakukan walaupun setelah 7 tahun ratu Inhyoen duduk dalam posisinya kembali? Alasannya sangat jelas fraksi pedukung ratu tidak akan aman apabila putra mahkota Yoon akan mewarisi tahta Sukjong. Mereka lebih memilih agar anak Choi lah yang mewarisi tahta Sukjong. Jika prince Yoengjo yang menjadi pewaris tahta posisi mereka dalam court juga akan aman.

Akan sangat sulit apabila fraksi pendukung ratu langsung menyerang putra mahkota agar gelarnya dicabut. Akan lebih mudah menyerang ibu kandung prince Yoon. Sehingga ada alasan untuk mencabut gelar putra mahkota Yoon.

Jika Jang Ok Jung mengguna-gunai quen Inhyoen karena rasa cemburu., Jang Ok Jung bisa melakukannya sejak ia diturunkan statusnya dr ratu. Kenapa harus menunggu selama 7 tahun?

Pada akhirnya Jang Ok Jung yang pada saat itu bergelar Jang Hee Bin dijatuhi hukuman mati dengan meminum racun. Aku yakin yang terjadi saat itu pasti bukan hanya peristiwa Jang Hee Bin mengguna-gunai Lady Inhyoen. Jang Hee Bin yang berada di pihak yang kalah harus menanggung hukuman. Menurut beberapa sumber disebutkan pula bahwa ada upaya-upaya untuk menyelamatkan Jang Hee Bin, karena bagaimanapun juga ia adalah ibu kandung Putra Mahkota.

Setelah berpulangnya Lady Inhyoen dan Jang Hee Bin pada tahun yang sama, kandidat utama untuk posisi ratu jatuh pada Suk Bin. Aku rasa Suk Bin sebagai selir dengan peringkat dan posisi paling tinggi pada saat itu pasti bermimpi untuk menjadi ibu suri, karena dimungkinkan dengan kejahatan yang dilakukan oleh Jang Ok Jung status prince yoon sebagai putra mahkota akan dicopot dan diberikan pada anaknya. Terlebih lagi Suk Bin mendapatkan dukungan dari fraksi lady Inhyoen. Tetapi prediksinya salah, Sukjong tidak mencopot gelar putra mahkota Yoon. Biasanya jika ibu seorang pangeran melakukan kejahatan, anaknya pun akan terkena imbasnya. Bahkan Prince Yoon mendapatkan ijin dari Sukjong untuk menerima tahta raja Joseon. Apakah Sukjong tidak membenci Prince Yoon yang ibunya telah melakukan kejahatan? Menurut rumor dan beberapa sumber Sukjong secara pribadi tidak terlalu menyukai anak Jang Ok Jung tapi tidak mampu mencopot gelarnya karena dia terlalu cerdas. Tidak juga menyukai anak Suk Bin. Anak kesayangan Sukjong secara pribadi adalah anak dari selir Park Myoeng Bin

Kembali pada Suk Bin, impiannya atau mungkin impian fraksi pendukungnya untuk menjadi ratu pupus saat Sukjong mengeluarkan dekrit bahwa selir tidak diperbolehkan untuk menduduki posisi ratu. Sukjong berharap dengan dekrit ini agar tidak akan ada lagi kejadian seperti yang terjadi pada Jang Ok Jung. Apa alasan Sukjong mengeluarkan dekrit ini?

Melindungi selir-selirnya? Atau mengukuhkan Jang Ok Jung sebagai selir raja Joseon yang pertama dan terakhir kali mencapai gelar ratu? Dan tidak ingin orang lain mencapai gelar yang sama dimana seorang dari kalangan kelas bawah dapat mencapai kelas tertinggi dalam strata masyarakat. Dekrit ini akan menjadi hal yang paling istimewa untuk Jang Ok Jung.

Satu hal yang perlu kita ketahui bahwa Suk Bin di usir dari istana setelah Jang Ok Jung meninggal. Bahkan kabarnya Sukjong tidak menginginkan Suk Bin kembali ke istana dan tidak ada ijin untuk bertemu dengan putranya sendiri. Suk Bin pada akhirnya meninggal pada tahun 1718 pada kediaman pribadinya. sungguh menyedihkan bahwa ibu raja Joseon ke 21 ini meninggal di luar istana dan tidak dapat menikmati masa-masa putranya menjadi raja yang memerintah Joseon paling lama.

Kenapa Suk Bin di usir dari istana? Apakah dia melakukan kesalahan yang membuat Sukjong murka dan mengusirnya keluar dari istana. Seperti yang kita ketahui bahwa selir tidak diperbolehkan untuk meninggalkan istana selama raja masih hidup.

Menurutku sebelum eksekusi Jang Ok Jung, kedua selir Sukjong ini bertarung dan terjebak dalam kemelut politik dalam rangka bertahan dalam istana. Sekali masuk dalam istana kita bisa keluar hidup-hidup tetapi dalam pengasingan atau mati dalam istana. Dalam peristiwa ini, Suk Bin lah yang muncul sebagai yang bertahan. Aku tidak ingin menyebutnya sebagai pemenang, walaupun ia berhasil menjadikan anaknya sebagai raja dikemudian hari. Tapi sayang Suk Bin tidak sempat menikmati masa kejayaan anaknya.

Kalau boleh menyimpulkan dari pertarungan tiga wanita raja Sukjong ini, bahwa mereka masing -masing menang

– Lady Inhyoen dikenal sebagai ratu Joseon yang berhati mulia
– Jang Ok Jung dikenal sebagai femme fatal yang selalu disebut2
– Choi sebagai ibunda raja Joseon yang terkenal memerintah paling lama

83 thoughts on “Jang Hee Bin

  1. aku suka sama artikel ini.
    dan sudah membaca beberapa dari artikel di blog ini. banyak pemikiran yang sama (mungkin), tapi susah untuk dijelaskan. dan penulis diblog ini (maaf blm tau namanya hhi) sangat bisa menjelaskan dengan kata-kata yang mudah dimengerti.
    ditunggu postingan artikel yang lainnya🙂

    • Wah makasih banyak sudah meninggallkan komentar. Mungkin kita bisa banyaj berdiskusi soal drama Jang Ok Jung yang baru saja selesai.

  2. Pingback: Jang Ok Jung : Second Post | Bukan akhir dari sebuah cerita

  3. aq sependapat am kamu mengenai jang ok jung mnrt byk sumber dy so2k yg ambisius, tp stelah ntn flm yg terbaru ini aq jd py pemikiran sndri,,sepertiny lady jang bkn so2k yg jahat tp tuntutan politik yg membuat dy terpojok,,film ini sgt romantis

  4. Ikutan ya🙂

    Abis nonton jang ok jung n baca artikel di blok ini🙂
    ak rasa serial jang ok jung lebih rasional daripada dong yi hihihi
    dan mungkin benar…sebenarnya tidak ada yang jahat disini, semuanya karena politik
    tapi paling kasihan ma sukjong…dia raja, tetapi wanita disekelilingnya penuh skenario politik, sehingga sebagai seorang pria dia tak pernah mendapatkan cinta yang tulus….ceilahhhh

    hihihi…tapi beneran ku kasihan ma sukjong🙂

    • sejujurnya aku malah nggak nonton Dong Yi. Cuma beberapa kesempatan baca review dan pendapat orang-orang ttg gimana cerita berjalan. Yup, aku setuju, JOJLIL lebih rasional kalau di bandingkan dengan Dong Yi. Bukan bermaksud untuk membandingkan. Karena aku termasuk penikmat drama dengan latar belakang kerajaan, sebagian besar ceritanya pasti akan berkisar pada bagaimana tokoh utama berjuang untuk bertahan hidup di istana. Karena kehidupan di dalam istana itu nggak ada yang indah. Pasti banyak pertarungan politik

  5. aku setuju sama pemikiran ini…
    soalnya aku merasa drama dong yi agak kurang detail ttg kejadian umumnya. terus agak aneh aja kalau dong yi milih keluar dari istana pdhl dia selir. emang sih kalau liat powernya sukjong emang pasti bisa.. tapi ngelihat pengorbanannya buat ok jung alu jadi berpikir lain.

  6. terima kasih dengan artikel ni…di malaysia episod akhir JANG OK JUNG adalah hari ini.(23/7/13)…saya suka dengan info2 yg dipaparkan disini…sekurang2nya saya faham cerita dan jangka masa sebenar kisah ni….

  7. love jang ok jung better than dong yi.. bukan karena tidak nonton dong yi.. tapi kesemuanya lebih natural, manusia yang ada salah, dan terhimpit di perpolitikan kerajaan .. Tidak bisa jadi manusia biasa ya raja itu.. kasihan..

  8. aku baru selesai nonto JOJLIL, aku juga udah nonton Dong Yi, tapi aku lebih suka sama JOJLIL.
    aku lebih kepincut sama karakter Lady jang. Menurut aku wajar kalau Lady Jang jadi begitu berambisi dalam hidupnya, secara dia sulit banget menjalani hidupnya sebelum jadi selir istimewanya Sukjong. Nonton JOJLIL buat aku ngerti kenapa lady jang jadi begitu haus akan kekuasaan, itu bukan karena keuntungan diri sendiri semata, tapi demi bertahan hidup dimasa itu. Kucing yang tenang pun jika diusik keberadaannya pasti akan mengamuk, begitupun dengan Lady jang.

    Over all, It doesn’t matter what the other said, I like Jang Ok Jung more than Dong Yi😉

    • Salam kenaaaaaal! ^___________^

      Masih di episode 14 waktu kabar kehamilan JOJ.. hahaha telat telaaat!
      Benernya aku masih mabuk drama saeguk, tapi berhubung lead male rolenya *ehm* my ultimate bias -Yoo Ah In- jadi memutuskan nonton.. lagian seneng juga kalo genrenya monarch-monarch gitu ~ apalagi ini muncul nama baru Jang Ok Jung [maklum selama ini lebih sering denger ceritanya Queen In Hyun].

      Aku setuju sama komen-komen di atas.. bahkan belum ngabisin 24 episodepun aku juga ngerasa ga ada yang salah ga ada yang benar.. semua pihak punya alasan ‘n justifikasi masing2 soal perbuatannya.. yah, namanya politik mungkin ya hehee jadi sekali bola jatuh, bergulirnya jadi keterusan.. bener kata Sist Ophie, demi bertahan diri di palace semasa itu.. tapi jujur, aku lebih fokus ke romansanya King Sukjong ma JOJ.. apa bener ya JOJ itu first and real lovenya Sukjong?? *penasaran abis* ‘n apa Queen Mother di masa itu sejahat itu yaa?? ‘n masih banyak pertanyaan termasuk yang ga penting juga soal apa JOJ secantik itu yaaaa? hehehehe😀 sampe Sukjong preferred her to Queen In Hyun.. gara-gara drama ini, aku jadi googling review sebanyak-banyaknya tentang JOJ😀
      Satu lagi, sistem kasta emang ga manusiawi T_________________________T

      Btw, all my thumbs up for this nice post!😀

      • Awww thx you for reading my useless rumbling
        Iya sama Yoo Ah In itu juga biasku, kamu mesti nonton Running Man 164, dia tampil di sana bareng sama MC biasku juga. Jang Ok Jung kabarnya sangat cantik, bahkan di Annal namanya disebut2, untuk ukuran seorang selir yang berasal dari kasta rendah itu prestasi yang luarbiasa bukan?

  9. iseng ikut nonton JOJLIL dan nyoba-nyoba nyari cerita tentang JOJ terus nemu ini ^^ karna ada banyak banget versi tentang “gimana seorang JOJ sebenernya” itu bikin pusing banget!! disatu sisi dia dituduh yg nyantet queen inhyun, satu sisi lainnya dia difitnah…. tapi pas baca post ini rasanya klik banget, karna memang kayaknya gak ada yang jahat disini tapi permainan politik yang kejam.
    dari 2 drama yang dibuat (Dong Yi sama JOJLIL) memang yang masuk akal yang JOJLIL, walaupun di dua drama tadi karakter JOJ sama Choi itu berbeda ditiap dramanya. yah kita gak tau gimana cerita aslinya tapi baca review ini orang bisa menyimpulkan sendiri🙂

  10. belum ntn, dimana download filmnya ini ya? share link donk hehe
    sampai saat ini lebih suka Dong Yi, bukannya fraksi yg mendukung JOJ itu Soron ya? Noron ma Inheyeon.. aku baca di wikipedia gitu hehe😀

      • oke deh haha… menurtku kedua film ini sama2 menonjolkan kebaikan tokoh utama… di Dong Yi, ya Dong Yi, di JOJLIL ya JOJ, tetapi untk kesetiaan dan cinta yg lebih kusalutin ayah sukjong hanya punya satu Ratu tanpa selir😀 … dan terakhir tetep saja ga ada yg realistis dr 2 drama ini karena yg realistis sudah lewat 300 tahun yang lalu :v

  11. setlah Q baca artikel ini. q masih merasa bingung.. manakah sejarah yg bener” di akui.
    tp kalo di fikir” knpa kita menjadi bingung dgn sejarah milik negara lain? sebelum kita memikirkan hal itu, pernahkah kita berpikir dgn sejarah negara kita sendiri? apa mungkin sejarah negara kita mengalami hal seperti itu?
    mf ya mbk jadi meluas kemana”..

  12. ada yang salah kayaknya di atas, menurut sumber the history of korea, hukum selir tidak boleh menaiki posisi ratu dibuat pada saat ratu inhyeon kembali ke posisinya, bukan sesudah jang hee bin meninggal, berarti raja menyesali penggulingan ratu dan tidak ingin hal tersebut berulang kembali.

  13. Siapa yang tau tentang sejarah beratus2thun yg lalu jika ctatan ttg itu tidk terlau jelas…..

    Tpi di drama JOJLIL…. bnar2 mewakili siapa Jang Ok Jung

  14. saya suka banget sama opini di blog ini, selama ini banyak orang slalu mengira Jang Ok Jung wanita yang serakah. kita memang tidak tahu kebenaran sejarah yang akurat pada saat itu namun, apa yang tertulis d blog ini cukup akurat dan masuk akal. kebanyakan orang hanya membaca dari wikipedia atau sejarah yang tertulis tidak benar dan kurang lengkap.

  15. Wah artikel ini sangat menarik terutama mengurangi rasa penasaranku mengenai sejarah ratu Joseon. Dan saya suka mengenai pendapat pribadi serta kemungkinan2 yg kamu tulis. Saya sendiri merasa bahwa jang ok jung lah yg paling di cintai raja , krna raja rela melanggar adat istiadat istana dan membuat jang ok jung menjadi ratu,tpi sayang jang hee bin melakukan kesalahan yg membuat raja kecewa😦

    • Kalau menurutku, jang hee bin saat itu difitnah sprt pada kisah JOJ krn pertarungan politik di joseon mmng sangat mengerikan, raja pun mengetahuinya, dan dr bbrp sumber mmng disebutkan raja melakukan upaya pelarian untuk jang hee bin. Jika ia mmng bersalah, maka seharusnya raja akan mencabut gelar putra mahkota pd anaknya jg, namun pd kenyataannya raja sukjong ttp mempertahankannya ^^

  16. Nice Post. Saya adalah penggemar sejarah dan juga tertarik mendalami sejarah Korea.
    Sekedar informasi, hingga saat ini makam Jang Ok Jung sering di ziarahi oleh wisatawan lokal atau internasional. Mereka bukan berkunjung untuk mengenang sisi buruk Jang Ok Jung namun mereka berkunjung untuk menghormatinya sebagai icon wanita Raja yang paling setia.Cerita-cerita negatif tentang beliau baik dalam catatan sejarah yang juga sudah diceritakan dalam drama muncul karena Jang Ok Jung adalah pihak yang kalah dalam politik sehingga para pemenang dapat meyebarkan cerita dengan leluasa. Lagipula Raja Sukjong terkenal sebagai salah satu Raja yang paling kuat dan bijaksana di era Joseon, jadi semua keputusannya didasarkan atas kepentingan negara. Raja mungkin dapat melanggar adat istiadat dan tata krama istana tapi tidak bisa melanggar undang-undang kerajaan, celah ini yang dimanfaatkan oleh musuh-musuh politik Jang Ok Jung.
    Sekedar informasi juga, putra Jang Ok Jung akan menjadi Raja Gyeongjong menggantikan Raja Sukjong namun beliau hanya memerintah selama 4 tahun dan tidak memiliki keturunan, lalu digantikan oleh putra Sukbin yang akan memerintah lebih lama sebagai Raja Yeongjo. Walaupun
    Walaupun ibu-ibu mereka berseteru namun pangeran Lee Yoon dan Yeoning sangat akrab (menurut catatan sejarah, Raja Gyeongjong sangat sayang pada Pangeran Yeoning, juga sebaliknya). Raja Yeongjo tercatat 77 kali mengunjungi Uireung (Makam Gyeongjong, kakaknya) selama bertakhta.

    Pangeran Yeoning selalu dilindungi oleh Kakaknya Pangeran Yoon (juga saat Pangeran Yoon sudah menjadi Raja Gyeongjong) dan juga oleh Ratu Inwon (Ratu terakhir Raja Sukjong).
    Namun kasih sayang yang diterima Pangeran Yeoning ini juga seimbang dengan kehilangan yang akan dia alami kelak. Yang pertama adalah kematian kakaknya Raja Gyeongjong karena sakit dan juga kematian putranya, Pangeran Sado yang konon dibiarkan mati oleh Raja Yeongjo karena tekanan politik.

    Ohya, sejarah Raja Gyeongjong konon yang menginspirasi tokoh Lee Gak di Rooftop Prince. Walaupun namanya berbeda (Lee Yoon dan Lee Gak) namun dalam drama Lee Gak berkata dia berasal dari 300 tahun yang lalu, nah terhitung saat drama itu tayang, jika diundur 300 tahun kebelakang maka saat itu ada kisah yang mirip cerita drama yaitu Putri Mahkota dari pangeran Yoon (Raja Gyeongjong) meninggal dunia. Lee Gak sempat berkata usia Yi Gak saat itu 24 th. Usianya memang tepat dengan usia PM Yi Yun saat itu insiden meninggalnya putri mahkota. Yi Yun lahir th 1688. Th 1712 berarti usianya memang 24 th. Kisah ini kira2 memang sekitar th 1712 di Joseon. Yi Gak dll masuk mesin waktu dan dilempar 300 th kemudian, yaitu th 2012

    Semoga informasi tambahan ini menarik untuk para penggemar Jang Ok Jung (dan mungkin juga Rooftop Prince, hehehe)

    Salam Sejarah……………

      • Di rootop prince kan pemeran pangeran mu-chang diceritakan sebagai sepupunya lee gak, jadi tdk mungkin pangeran yeoning. lagipula dalam sejarah, pangeran yeoning tidak pernah melakukan upaya kudeta. Sebagai kakak adik, anak2 Sukjong ini cukup rukun kok, cuma partai2 pendukung mereka yang suka berantem. Raja Gyeongjong berusaha mengangkat yeoning menjadi putra mahkota, yang nantinya akan menjadi raja. hebatnya lagi, si kakak ini menyingkirkan partai pendukungnya sendiri jd waktu yeoning menjadi raja, partai pendukung kakaknya sudah bisa dikontrol.
        Kurang lebih begitulah yang saya baca di sejarahnya (dari berbagai sumber)

  17. salam…telaat banget yah baru nntn JOJLIL..sekarg nee..baru d rekomendasiin temen sih…langsung aj deh q kepoin tuh sejarah.a…nah kebeneran bgt nemu post ini..selama bc koment sih ad perdbatan antara drana dong yi dan JOJLIL..jd bkn pnasaran gmn sih crta.a dong yi it..pkk.a aq interrest bgt sm JOJ..klo aq jd dia sih..ky.a bkl ngalakuin hal yg sama..sp coba yg g sakit hati d rendahin mulu..walaupun banyk yg g suka..pkk.a aq slalu dkg JOJ…hehe

  18. memang telat bgt kalo gue comment nya bru sekarang .. soalnya bru beli kaset n’ lesei nntn .. aku suka bgt sma drama ini .. ini drama korea yang buat aku nangis tersedu² .. bisa di blang lebay ya .. tapi drama ini memang kisah nya tu ngena bgt di hati gue .. ending nya bener² sedih .. sedihnya itu stadium tingkat maha dewa .. hehehe.. sebenernya aku msi penasaran bangettsstts.. yang mewarisi tahta itu sebeneernya anak jang ok atau anak nya selir choi sih ??? terimakassi di tinggu jawabannya .. aku suka bgt artikel ini soalnya lengkap bgt ..

  19. kalau menurutku, cerita ini terlalu menonjolkan sisi jang ok jung nya. sbenarnya di drama dong yi juga di jelaskan bahwa jang ok jung lah yang jahat dan melakukan konspirasi. banyak artikel yang menyebutkan jang ok jung benar adanya bahwa ia yang mengguna-ngguna i ratu inhyeon. wikipedia juga mnyebutkanyya seperti itu. jang ok jung terkenal sebagai ratu yang haus akan kekuasaan, tp di dalam dirinya sebenarnya ia sangat mencintai raja sukjong.

  20. Artikelnya ini berdasarkan sejarah asli apa berdasarkan drama jang ok jung? Drama kan gak selalu sama dengan sejarah aslinya, mungkin aja ada beberapa yg dirubah. Menurut sumber dri beberapa blog , choi sukwon di jang ok jung itu dong yi. Di dong yi, ok jung’nya yg jahat. Di JOJ, dong yi’nya yg jahat. Lalu yang yang baik dan sangat di sayangi raja sukjong sebenarnya siapa? Dong yi(choi sukwon) apa ok jung?

  21. yang menyakitkan menjadi pria yang berusaha setia dengan wanita yang dikasihi yang ternyata hanya memanfaatkan hartanya, para saudara yang memperebutkan waris, ada kesamaan Sukjong dan saya ternyata

  22. aq malah super duper telat maha dewa…..karena liat di indo….aq baru tau ada JOJ…..d akhir film,makam JOJ kok sama dengan Sukjong n permaisuri Insyeon?Sebenernya makamnya dmn sih JOJ itu?

  23. satu-satunya yang aku heran disini cuma karakter ‘sukjong’ nya. aku rasa karakter di serial JOJ maupun dong yi ‘kurang’ relevan juga sama karakter raja-raja di zaman joseon dulu. banyak diceritakan bahwa sukjong sangat menyukai jang ok jung, tetapi dalam sejarah juga diceritakan bahwa selir choi sangat disayangi oleh sukjong. jadi menurutku, gak selamanya sukjong tetap pada hatinya untuk okjung, namanya juga raja yang agak mustahil juga kalo cuma setia ke satu cewek, terus hati sukjong berpindah ke lain gadis, selir choi. dan setelah itu ke park myeong bin.
    disini aku gak percaya sama yang peran protagonis, menurutku istana adalah tempat intrik dimana kekuasaan yang menjamin nyawa mereka agar tetap bertahan hidup. aku yakin Jang Ok Jung maupun Selir Choi sama-sama memiliki ambisi dan keserakahan. dan menurutku, cuma ratu2nya yang setia sama sukjong xD
    ya, Raja sukjong sangat menyayangi putra-putranya, terutama PM Yoon dan Pangeran Yeoning karena mereka sangat cerdas. terlebih pangeran yeoning sangat jenius bahkan dicatat dalam sejarah merupakan salah satu raja terbaik selama pemerintahan joseon, kemampuannya melebihi para dewan istana.

  24. Maaf sebelumnya, tapi menurut informasi yang saya dapat. di Korea sana, rating drama JOJ ini turun karena rakyat korea mengerti drama tidak sesuai dengan buku yang mereka pelajari. di buku mereka, Choi Suk Bin adalah orang yang pintar dan berhati mulia. bahkan mereka menyebut sukbin adalah ratu di hati mereka. jadi drama JOJ ini tidak sesuai dengan sejarah mereka. lagipula di drama ini bebarap menunjukan Heebin memakai heels yang pada jaman tsb jelas belum ada.. saya dengar drama ini banyak menuai protes di korea sana. Maaf sekali lagi untuk penggemar Jang Ok Jung.

  25. Rakyat Korea-kan hampir sama dgn indonesia, maklum Asia..negara terjajah, masyarakat mudah dibentuk o/ rekayasa sejarah yg di buat dari cerita-cerita rakyat, film, dll. Jadi ingat film G30 S-PKI, yang akhirnya di hapus krn mengandung rekayasa sejarah. Fakta dan sejarah mencatat:
    1. Jang Ok Jung merupakan satu-satunya selir yg tdk diusir dari istana ketika melakukan kesalahan. Berbeda dengan permaisuri inhyeong Min dan Suk-Bin (Dong Yi). Itu menandakan Raja Sukjon sangat menyayangi Jang Hee Been
    2. JOJ diangkat selir hingga Hee Been di tengah penolakan ibu suri. Ini juga menandakan Raja Sukjon sgt mencintai JOJ
    3. Meskipun sepeninggalan JOJ, Raja Sukjon banyak memiliki selir, itu bukan berarti Raja Sukjon tdk lagi mencintai JOJ, karena keberadaan selir di jaman kerajaan itu dianggap hal yang biasa dan merupakan kewajiban krn raja harus memiliki banyak keturunan yang akan mewarisi tahtanya kelak.

  26. kawan-kawan, korea itu lebih maju dari indonesia dan banyak orang-orang terpelajar disana kembali memverifikasi sejarah yang terjadi, dan memang benar kejadian yang terjadi saat itu adalah lebih mirip yang di ceritakan pada serial dong yi dimana fakta fakta seperti sukbin meninggalkan istana atas kehendaknya sendiri, sukbin memang mempertahankan posisi putra mahkota dan menolak rencana menggantikan posisi putra mahkota selama putra mahkota masih hidup, dan masyarakat mencintai sukbin saat itu karena keterdekatan sukbin dengan masyarakat bukan cuma karena rekayasa cerita, JOJ serial cuma mencoba menceritakan dari sisi sijahat tapi tidak bermaksud untuk mengubah kenyataan bahwa JOJ memang orang yang jahat di mata sejarah.

  27. stelah muter2 nyari crita yg sbnr.y,akhr.y aku nemu artikel ini,lumayan memberikan pncerahan dari kbingunganku gra2 nntn drama dong yi dn jang ok jung yg bkin bingung.. jd sbnr.y sperti apa sosok choi sukbin (dongyi) itu?

  28. menurut ensiklopedia yg saya baca,,daripada JOJ, Kisah di drama Dongyi lebih mendekati sejarah aslinya,,Jd cinta King Sukjong pada Jol agal dilebih2kan…

  29. Tq..atas infonya. Jadi lebih mengerti ceritanya. Karena saya suka karakter JOJ. Mungkin karena tuntutan hidup yg keras yg membuatnya jadi keras jg untuk melawan dan bertahan.

  30. Maaf baru nimbrung komen.
    Ulasannya menarik. Saya juga tertarik dengan intrik yang terjadi di masa Raja Sukjong.
    Namun begitu, ada beberapa hal yang saya kritik dari tulisan anda:
    1. Anda mengatakan bahwa Jang Ok Jung sebagai pelayan tak mungkin memiliki ambisi besar. Saya kira, bisa saja seorang pelayan memiliki ambisi yang kuat. Sejarah telah menuliskan orang-orang seperti ini. Coba cek sejarah Wu Zetian dan Ibusuri Cixi dari China, atau Hurrem Sultan dan Kosem Sultan dari Turki. Mereka adalah seorang selir/budak yang memiliki ambisi besar dan berhasil mewujudkannya. Memang tak banyak orang yang mempunyai hal ini. Dan sangat mungkin Ok Jung adalah salah satu wanita yang memiliki ambisi besar. Walaupun dia mendapat dukungan kuat dari salah satu faksi politik, omong kosong bila dia sampai bisa mencapai posisi Permaisuri (Jungjeon) dan menggulingkan Min Inhyeon tanpa ambisi sama sekali, hanya bagai air mengalir. Mana mungkin sebuah faksi bisa memberi dukungan pada seorang dayang biasa bila tak punya ambisi yang benar-benar kuat.

    2. Terkait hubungan cinta Raja Sukjong, saya lihat anda sangat berpihak dan setia pada Jang Ok Jung.
    Sebelumnya saya mau tanya, penulis ini cowok atau cewek ya? Jika cewek, saya mungkin bisa memaklumi.
    Kritikan saya, anda menggunakan alur pikir cewek abad 21 untuk menjelaskan watak seorang laki-laki yang hidup di abad 17. Terlebih dia seorang Raja.
    Anda pernah baca buku2 psikologi tentang perbedaan watak cewek cowok terkait hubungan. Coba baca lagi. Cewek emang cenderung lebih setia karena dominan pada perasaan, berbeda dengan cowok yg dominan logika (tapi bukan berarti saya bilang kalo semua cowok itu gak setia ya). Terlebih Sukjong raja yang hidup di kebudayaan yang lumrah mempraktekkan poligami.
    Anda jangan hanya fokus ke Inhyeon, Ok Jung, atau Choi Sukbin saja. Coba cek, Sukjong masih punya banyak selir lain.
    Secara tersirat, anda menyatakan bahwa hanya Jang Ok Jung yang dicintai oleh Sukjong, yang lain hanya sebatas masalah politik.
    Coba cek hubungan Sukjong dengan Choi Sukbin. Dengan Sukbin, Sukjong punya 4 orang anak, sedang dengan Ok Jung hanya 2 saja. Untuk Min Inhyeon, terlihat juga bahwa dia cukup berhubungan baik dengannya, terbukti dia dimakamkan di dekat Inhyeon.
    Saya pribadi juga sependapat bahwa Sukjong mencintai Ok Jung, tapi saya juga yakin Sukjong juga menyukai Choi Sukbin dan Min Inhyeon. Bila anda cewek, mungkin sulit menalar masalah ini. Tapi dalam dunia cowok, ini mungkin saja. Terlebih lagi (dan sekali lagi saya bilang), Sukjong adalah laki-laki abad 17 yang menjadi raja dari kebudayaan yang memaklumkan poligami.
    Lantas siapa yang paling disukai Sukjong? Saya pikir itu berubah-ubah sesuai kondisi.
    Jadi menurut saya, bila terkait hubungan Sukjong, saya lebih suka film Dong Yi. Di sana, hubungan Sukjong dengan Inhyeon, Ok Jung, dan Choi Sukbin diolah cukup baik. Walaupun Ok Jung menjadi antagonis, terlihat Sukjong mencintai Ok Jung sampai akhir. Bahkan Sukjong digambarkan sangat terpukul saat Ok Jung diekekusi mati menggunakan racun.

    3. Anda juga mengatakan kalau Min Inhyeon “tidak disentuh” lantaran Sukjong terkesan terburu2 saat mengambil Ok Jung sebagai selir.
    Ingat. Sukjong bukan hanya seorang lelaki biasa, tapi Raja. Dia butuh penerus tahta untuk membuat stabil posisinya dan ini kebutuhan mendesak. Jadi Sukjong mengambil Ok Jung sebagai selir, selain karena mencintainya, juga karena mendesaknya kebutuhan akan pewaris tahta. “Menuduh” bahwa Sukjong tak punya perasaan apapun pada Min Inhyeon adalah sebuah ketergesaan menurut saya, terlebih bila hanya didasarkan pada hubungan percintaan anak muda zaman sekarang.

    4. Anda mengatakan kalau Ok Jung dari kelas rendah? Maaf, darimana sumber anda?
    Ok Jung berasal dari kelas menengah (Chungin). Itu kelas masyarakat tepat di bawah yangban dan memegang banyak peran penting juga. Kelas Chungin masih di atas Sangmin (orang biasa) dan Cheonmin (kasta rendah). Itu mungkin sebabnya Ok Jung masih memungkinkan naik ke posisi Permaisuri (jungjeon).
    Bila ada selir kelas rendah, Choi Sukbin lah orangnya. Dia dari kelas Cheonmin (kelas paling rendah), berarti dua tingkat di bawah Ok Jung. Cek semua di wikipedia. Bahkan Yeongjo (putra Choi Sukbin) sampai kesulitan untuk mempublikasikan ibunya secara umum. Kesulitan itu tak dialami oleh Raja Gyeongjong, putra Ok Jung. Bahkan Choi Sukbin disebut “The Joseon Cinderella” oleh sejarawan semacam Chong Song Kim lantaran kasusnya yang benar2 unik. Pertama dan satu2nya sepanjang sejarah Joseon.

    4. Anda mengatakan “Aku yakin yang terjadi saat itu pasti bukan hanya peristiwa Jang Hee Bin mengguna-gunai Lady Inhyoen. Jang Hee Bin yang berada di pihak yang kalah harus menanggung hukuman”
    Sekali lagi maaf, darimana sumber anda? Bagaimana anda bisa tahu kalau Ok Jung hanya dijebak dalam kasus ini. Dari perjalan hidupnya sebelumnya, saya percaya kalau memang Ok Jung yang bertanggung jawab atas wafatnya Inhyeon.

    5. Anda juga mengatakan, “Dan tidak ingin orang lain mencapai gelar yang sama dimana seorang dari kalangan kelas bawah dapat mencapai kelas tertinggi dalam strata masyarakat. Dekrit ini akan menjadi hal yang paling istimewa untuk Jang Ok Jung”
    Apa anda belum tahu bahwa kasus selir naik menjadi Permaisuri bukan hanya terjadi pada Ok jung saja? Cek sejarah ibunda Raja Yeonsanggun (Permaisuri Jeheon). Dia mulanya juga selir.
    Anda terlalu menggambarkan peristiwa di masa Sukjong dengan sudut pandang romantisme semata. Saya kira, alasan pelarangan selir naik menjadi Permaisuri cukup jelas. Untuk menghindari konflik antara para selir di kemudian hari. Dan dekrit ini secara tak langsung membuktikan bahwa Ok Jung yang bertanggung jawab atas wafatnya Min Inhyeon. Logikanya:
    Ok Jung wanita ambisius. Dia naik jadi Permaisuri di tahun 1686 dan menyingkirkan Min Inhyeon. 1694 dia dikembalikan menjadi selir. 1701 M, Ok Jung membunuh Inhyeon (entah diracun, entah diguna-guna) untuk kembali menjadi Permaisuri. Itu memungkinkan lantaran anaknya adalah Putra Mahkota. Tapi hal itu diketahui Sukjong. Sukjong sedih lantaran posisi Permaisuri dijadikan “ajang rebutan” orang dalam istana sehingga akhirnya dekrit pelarangan selir jadi Permaisuri dikeluarkan.

    6. Anda juga mengatakan “Setelah berpulangnya Lady Inhyoen dan Jang Hee Bin pada tahun yang sama, kandidat utama untuk posisi ratu jatuh pada Suk Bin.”
    Saya kira, Sukbin tak akan pernah menjadi kandidat Permaisuri. Itu tak berdasar. Mengapa?
    a) Choi Sukbin dari kelas rendah. Jangan samakan dengan Ok Jung. Lihat poin komentar saya nomer 4.
    b) Faksi Noron memang mendukung Choi Sukbin, tapi sebatas untuk mendukung Min Inhyeon, bukan untuk jadi Permaisuri
    c) Masih ada Selir Park Myeongbin di istana. Dia juga selir tingkat satu atas (-bin) dan dari kelas bangsawan. Jadi dia lebih memungkinkan.

    7. Choi Sukbin “diusir” dari istana. Benarkah?
    Mungkinkah dia melakukan kesalahan yang mebuatnya diusir. Mungkin saja. Tapi anehnya, tak ada catatan terkait ini, padahal Choi Sukbin termasuk tokoh yang cukup terkenal. Atau saya yang belum menemukan?
    Setahu saya, Sukbin diberikan Istana Inhyeon oleh Sukjong, dan itu sebuah bangunan yang megah. Semasa hidup di luar istana, dia kelihatannya kerap berhubungan dengan istana. Terbukti, dia turut mengirim obat2 an ke istana saat Permaisuri Inwon sakit (Inwon: Permaisuri Sukjong setelah Inhyeon). Mungkinkah orang yang “dihukum berat” bisa sampai dipercaya memberikan obat pada Permaisuri? Jika Sukbin keluar istana lantaran diusir karena ambisi politik dan semacamnya, mana mungkin dia diperkenankan mengirim obat pada Permaisuri.
    Terlebih, putra Sukbin justru diadopsi oleh Inwon. Bila Sukbin ditengarai berambisi dalam politik, jelas Inwon tak akan mengadopsi putra Choi Sukbin. Itu bisa menggoyahkan posisi Putra Mahkota Yi Yun, putra Ok Jung. Terlebih ibunya (Ok Jung) telah tiada kala itu.
    Saya pribadi beranggapan bahwa keluarnya Sukbin dari istana karena keinginannya sendiri. Dan itu didorong atas kesetiannya pada Min Inhyeon. Pertemuan Sukjong dan Choi sendiri karena Choi merayakan ulangtahun Inhyeon yang telah diasingkan. Dia juga berani mendukung Inhyeon secara terbuka, padahal saat itu Ok Jung menjadi Permaisuri. Dan seperti kita tahu, urusan istana dalam adalah urusan perempuan. Bahkan Raja sekalipun tak bisa semena-mena mengintervensi. Jika Choi mendukung Inhyeon, berarti sama saja menentang Ok Jung. Jelas dia akan rawan bahaya.
    Alasan karena dia tak keluar istana langsung setelah Min inhyeon wafat, sepertinya Choi Sukbin ingin memastikan keamanan putranya dulu.
    Saya akui kalau ini hanya pendapat pribadi terkait keluarnya Sukbin dari istana. Jadi sah saja bila kalian memberi komentar.
    Tapi ada sebuah fakta lain yg mungkin tak kalian sadari. 1718 M, Sukbin wafat di usia 49, bersamaan dengan Sukjong yang turun tahta.
    Bila penulis blog terlihat sangat suka menghubung2kan kebijakan politik Sukjong dengan cintanya dengan Ok Jung, saya juga ingin melakukan hal yang sama kali ini.
    Bisa jadi, Sukjong merasa sedih akan wafatnya Sukbin, dia sangat mencintai Sukbin, sehingg saat Sukbin wafat, lantas memilih turun tahta. Ini mirip dengan kisah Shah Jahan dan Mumtaz Mahal dari Mughal, India. Bisa jadi kan?

    ***
    Oh iya, ada hal lain. Apa anda tahu, saat Ok Jung diturunkan dari posisi Permaisuri di tahun 1701, Ok Jung diseret keluar dari kediamana Permaisuri secara paksa? Itu bisa jadi bahan pertimbangan.

    ###

    Memang benar, pemenang adalah penulis sejarah. Bisa jadi sumber yang saya jadikan referensi telah dibuat sedemikian rupa sesuai kehendak pemenang. Namun begitu, saya kira kurang bijak menyalahkan atau mendukung tokoh sejarah dengan sudut pandang romantisme belaka.

    Di sisi lain, saya mengapresiasi film Jang Ok Jung (JOJ). Memberikan sudut pandang baru. Walaupun baik film Dong Yi maupun JOJ terdapat beberapa kritik.

    Yah, inti dari kita belajar sejarah kan “diambil pelajaran dan hikmahnya”. Jadi, apapun versi sejarahnya, ambil hikmahnya.

    Sekian. Maaf ya kalau ada salah kata.

    • sedikit ralat, setahu saya wu zetian bukan budak, di termasuk wanita terpelajar dan terdidik baik oleh ayahnya (langka pada jaman itu) karena itu dia punya ambisi besar.
      tapi saya setuju dengan pendapat anda yang lain

  31. sebenarnya mudah kok untuk melihat apa benar sukjong begitu tergila-gila dengan ok jung seperti yang digambarkan dalam drama jang ok jung? dalam drama jang ok jung agak kurang masuk akal dengan kisah cinta sukjong dengan ok jung. kalau memang sukjong sedemikian cinta nya dengan ok jung maka sukjong pasti tidak akan mengambil selir lagi dan hanya memiliki istri ihyeon dan ok jung. tapi dalam kenyataannya suk jong memiliki 8 selir lainnya. jika cinta sejati sukjong adalah ok jung pasti hati sukjong akan berhenti pada ok jung saja dan tidak akan mengambil selir lain. kalauyang datang sebelum ok jung memang sdh ada dan tidak bisa diapa-apakan lagi. sesimpel ini sebenarnya masalahnya. lagipula drama jang ok jung tidak masuk akal. masa ada jaman dinasti joseon ada perancang busana wanita. joseon itu menganut paham konfusius dimana wanita menjadi masyarakat kelas 2.

  32. drama jang ok jung ini terlalu dibuat berlebihan dalam menggambarkan kisah cinta sukjong dan ok jung. kalau memang sukjong begitu dalam mencintai ok jung pasti dia tidak akan mengambil selir lain setelah kehadiran ok jung dalam hidupnya. dalam sejarah aslinya sukjong mempunyai 6 orang selir lagi selain hui bin dan suk bin. kalau memang ok jung adalah cinta sejati suk jong seperti yang dikatakan oleh penulis pasti hati sukjong akan berhenti pada ok jung seorang. drama dong yi lebih realistis karena disitu digambarkan sukjong mencintai semua istrinya dengan caranya sendiri. terlalu berlebihan menggambarkan kalau ratu inhyeon tidak pernah disentuh oleh sukjong karena rasa cinta sukjong pada okjung yang sangat dalam. padahal sejarah ratu inhyeon digambarkan sebagai ratu terbaik dijoseon.bahkan sebelum kematiannya sukjong memberikan pesan untuk dimakamkan disamping ihyeon bukan disamping ok jung yang katanya sangat dia cintai.
    soal kenapa ok jung tidak diusir keluar saat dia digulingkan sebagai ratu itu karena dia adalah ibu dari putra mahkota yang memungkinkan dia untuk tetap ada dalam istana. korea adalah negara yang sangat teratur.jangan mengatakan bahwa sejarah adalah milik pemenang seperti yang terjadi di indonesia. indonesia dikuasai oleh satu penguasa mutlak yang berkuasa selama 32 tahun yang memungkinkan untuk merubah sejarah sesuai keinginan penguasa. tapi korea tidak pernah dikuasai pemimpin mutlak seperti indonesia. dan satu lagi dinasti joseon memiliki bukti sejarah yang dinamakan sillok dan buku sekretaris kerajaan dimana semua kejadian dicatat dalam sebuah buku oleh petugas yang sangat obyektif. bahkan saat ada raja yang ingin membaca catatannya pun tidak diijinkan. jadi sejarah yang diketahui masyarakat korea sekarang adalah sejarah yang sesuai aslinya.
    di korea selatan sana dinegara aslinya drama jang ok jung tidak mendapat apresiasi dari masyarakat yang dibuktikan dengan rating yang rendah karena rakyat korea merasa bahwa drama ini tidak sesuai dengan sejarah aslinya. jadi jangan mengintepretasikan sejarah yang pernah terjadi hanya berdasarkan pada serial yang bahkan dibegara asalnya tidalk bagitu diterima. semoga ini bisa memberi sedikit gambaran bahwa drama tetaplah drama. sejarah yang asli tidak bisa dirubah hanya karena sebuah drama. sejarah mencatat bahwa ok jung adalah seorang wanita ambisius yang mampu menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya .

  33. Data setuju dgn komentar Hafidh…

    Jangan memandang dari sudut pandang romantisme semata…

    benar bahwa raja sukjong jatuh cinta pada jang ok jung… Ok Jung sangat terkenal akan kecantikannya… Seorang pria tidak terkecuali seorang raja sekalipun pasti akan terpikat oleh wanita cantik… Tapi cantik bukan keutamaan…
    Oleh karna itu sukjong jatuh hati pada wanita lain setelah ok Jung,bukan suatu hal yg mustahil…
    Pribadi choi sukbin yg menarik mungkin memikat raja sukjong… Sehingga pelayan dari kelas rendahan bisa diangkat menjadi selirnya…
    Kalau tidak terpikat pada sukbin,sukjong tentu tidak menjadikannya selir… Cukup beri anugrah raja (cinta satu malam)

    Jang hee bin ambisius??? Tentu saja hal ini sangat2 mungkin…
    Seperti yg kita tahu bahwa jang ok Jung anak dari bangsawan yg menikah dengan kelas rendahan… Dan ok jung tetap dipandang anak dari kelas bawah meskipun ayahnya kelas bangsawan…Memungkinkan dia jadi berambisi besar ingin dihargai karna lelah dipandang rendah…

    Saya lebih suka film dongyi… Meskipun banyak bumbu fiktif tapi ceritanya menarik dan menyegarkan… (Bukan cinta melulu)
    Pantas saja film dong yi masih masuk top rating dan terkenal sampai benua eropa dan amerika…
    Jauh berbanding terbalik dengan film jang ok Jung yg di negeri nya sendiripun ratingnya masih rendah…
    Hal ini membuktikan bahwa sosok dong yi (choi sukbin) mendapat tempat dihati rakyat dan pemirsa drama Korea…

  34. Aku belum pernah nonton Dong yi(choi suk won)
    kata tmnku cerita dong yi berakhir keluar istana dgn diikuti raja yg meninggalkan istana demi dong yi..
    apa itu benar atau tidak yah??
    Jujur aku lebih suka jang hee bin dari pada choi suk won.

  35. sy blm prnh nonton dongyi sih. awlnya pengen nonton tp gajadii soalnya drama JOJ cukup berkesan bagi saya.dan lgi gasuka sm drama yg trll berbelit2 sm bbrp episode dan lgi karakter dongyi/sukbin trll dilebih2kan smpi2 baiknya kebangetan dan krktr joj yg antagonis. wlupun sy tau jang trknl akan kehausanx pd kekuasaan. hmm entahlahh hanya Allah lbh mengetahui kebaikan dn kebrkn yg ada pd diri seseorang. bhkan org yg hdp pada masa itupun blm ttu tau dgn pasti bgimana jang yg sbnrx apalgi kita yg hdp brts2 tahun stlh mrk. kita jgb berspesikulasi hny dr satu sumber. kita hrs lbh bijak dlm menanggapi sejarah. sjrh dpt salah tp tdk blh brbhg. yess itu kata guruku. krn bgimanapun psti ada sj yg ingin menjatuhkan seseorang aplgi dia adlh tokoh yg paling dkt dgn seorang raja. dan lg byk perilaku brbd yg ditujukan raja kpd selir jang. so, itu mgk mnjdi alsn bhwa selir jang lah yg paling dicintai raja. sy tau itu bknlah alsn yg kuat. dan sy rasa raja jg mmliki alsn makanya dgn teganya mengeksekusi mati selir jang. itu tntlh bkn hal yg mdh, itu cukup sulit bagi raja. aplgi utk org yg slm ini tggl disekitar kita aplgi dia adlh org yg ckp berpengaruh dlm hdp seseorang. tp bgitulah raja hrs brrsikap bijaksana. sy rasa lbh realistis joj krn bbrp sebab mnrt sy. silahkan kita smua berspesikulasi. tp ingattt sejarah blm tentu benar seratus.persen. siapa yg menjamin? tdk ada sm skali. sejarah ya ttplah sjrh. sjrh bknlah hal yg seratus persen mnjmin kjdian itu bnr2 trjdi dimasa lalu. sdhlhh intinyaaa sy galauuuu tingkau dewaaa.. gasanggup nerusin nntn. sad ending. oksip:'(

  36. heyyy haha aku ikut komen yaa wlupun telat bgtt. aku udah cari sana sini sejarah mengenai jang hee bin yg katanya terkenal haus akan kekuasaan. ntalah tp bgitlh yg trknl di masyarakat. tp mnrt bbrp sumber, jang hee bin berasal dari starata rendah. iya itu mnrt bbrp sumber yg sy baca. dan mnrt sy ini mgkn sj mnjdi pemicu begitu byk org yg tdk suka dgn jang. tp pada kenyataannya jang akhirny mnjd seorang selir raja jg yg pd saat itu katanya paling disayangi oleh raja. kita tdk dpt menyimpulkan dengan mudahnya bahwa dia adalah raja yg penuh akan hal2 yg negatif. tlg diingat sejarah blm tntu srts persen sama akan kenyataanya aplg sprti yg kita ketahui jang brd di posisi yang terkalahkan. so, byk kemungkinan yg dpt terjadi. sy tdk mencoba utk mnylahlan sejarah. tp mmg itulah fakta yg trjd sjrh blm ttu bnr srts persen. sy jg tau klu org orea mrpkn org yg ckp mmntgkn pendidikan dan mgkn saja tlah meneliti dgn begitu detail. detail, tp jls tntu blm ttu mmstn hal itu bnr 100% trjd. mrk bknlah org yg brd pada masanya. bhkn org yg ada pada masanya blm ttu mengetahui dgn pasti. dan jjr sy lbh suka jang dibanding sukbin. cukup kecewa sm raja yg dgn teganya mghkm jang, tp sy yakin raja mmliki alsn utk itu dan itu tntlh bkn hal yg mdh bagi org yg prnh menjadi bagian dr dlm hdpx dan tmptx brsndr ktka ia kelelahan. sklpn org itu mlkkn kslh yg ckp fatal(mnrt sy). cukup sedih jugaa wktu tau sukbin katany salah satu selir yg pling disyg raja. bisa dibykn kan bgimana prsaan jang yg slm ini mendptkn prhtian brbd dr selir2 lainya bahkan dr ratu. tp mnrt sy yahh namax perasaan bisa brbh kpn sj, aplgi jika itu seorang pria.ia blh saja mmliki brp saja selir mggt dia seorg pria. dan lagi, seorang sukbin lbh mudah bbrpa tahun dibndg jang. but, prlu diingat ada seseorang yg tlh melewati wktu yg begitu byk dgn raja disana ad kenangan aplgi kenangan itu trjdi di masa muda sy yakin itu sgt berkesan bagi raja.yaahh maybe sy hnya bs berspekulasi. tp yaa ckp kcwa dgn kptsn raja utk mengeksekusi jang hee bin aplgi jika blm bnr2 trbkti bahwa janglah yg tlh mmbunuh ratu inhyeong. tp jika itu bnr, maka sy memgapresiasi raja akn sikapx yg bijaksana. nywa mmg hrs dignti dgn nyawa. sm dgn qisash yg trjd diarab. itu adlh suatu keadilan:)

  37. Fraksi pendukung Jang Hee Bin adalah SORON bukan noron, sebaliknya noron adalah fraksi pendukung queen in hyeon dan Choi Suk Bin.

    Artikel yang sangat bagus dan analisis yg cerdas, hanya saja kesalahan fraksi pendukung sedikit mengganggu karena hal itu berkaitan dengan sejarah Jang Hee Bin dan masa pemerintahan raja Suk Jong

  38. Jatuh cinta sm jang ok jung dengan sgala kharismax…. dia tdk jahat dia cm mw hidup lbh layak n dihargai n tentux ingin bahagia dgn cintax n anakx…. plg benci sm Choi bisa2x ad selir jahat sprt itu diambil ma raja…. episode akhir g jelas si Choi bgmn nasibx.
    senang tau kl dia diusir tp kecewa krn dia smpt px anak dr Raja beghh

    • Wah seru membaca komentar2 di atas. Saya sudah nonton dua drama itu, Dong yi dan JOJ. Hmm… dr segi sejarah mungkin emang drama DY yang paling mendekati, tapi saya juga suka dengan drama JOJ karena di drama ini kita jadi melihat hidup istana dari sudut pandang dia. Selama ini kita tahunya OJ ini jahat tapi saya orang yang percaya kalau semua orang punya dua sisi. Jadi lewat drama JOJ, saya bisa melihat sisi baik dari OJ, cintanya kepada Raja. Di drama JOJ, DY jadi jahat itu karena kita melihatnya dari sudut pandang OJ. Kalau ada wanita yang lebih cantik dan mulai mencuri perhatian suami, istri mana yang tidak akan marah dan cemburu, iya kan?

      Adapun yang sangat menarik perhatian saya adalah perhatian Raja ke OJ. Sampai dibangunkan istana khusus untuknya. Lalu pengangkatan anaknya menjadi pangeran mahkota walau OJ adalah seorang selir, tetap mempertahankan anak OJ sebagai pangeran mahkota walaupun ibunya telah dihukum mati, dan berbagai keistimewaan lain menunjukkan bagaimana istimewanya OJ bagi Raja. Sungguh wanita yang satu ini memang punya kisah hidup yang mengagumkan sekaligus tragis karena berakhir dengan kematian.

      Ada tidak sumber yang menyebutkan kisah hidup lain dari JOJ selain kecantikan dan keserahakannya terhadap kekuasaan? Misalnya apa yang dia lakukan selama menjadi ratu? Jujur saya lebih tertarik mencari tahu tentang JOJ dibanding DY. Mungkin karena semua orang sudah tahu kebaikan DY, jadi saya mau lebih tahu tentang sisi lain OJ.

      • Semua selir memang dibikinin bangunan/paviliun. Apalagi Sukjong menghadiahkan kepada Sook-bin istana Inhyeon, istana yang megah. Dan perlu diingat, beberapa sumber mengatakan bahwa sebelum kematiannya, Sukjong berwasiat agar mengangkat Pangeran Yeoning menjadi pewaris tahta (wangseje) setelah kakaknya, Raja Gyeongjong.

  39. Ini mh yg nonton dong yi duluan pasti lbh suka sm dong yi,klo yg nntn JOJ pst lbh suka sm JOJ.
    Klo aq jujur suka JOJ coz sk sm pemeran’y n jujur blm nntn Dong yi pas liat 60 eps jd males kebayakan hehe ✌✌

  40. Menurutku jang ok jung la wanita yg paling dicintai raja, saya suka krn dr beberapi versi king sukjong byk melakukan hal2 yg bertentangan dg tradisi dan hukum dijoseon utk jang ok jung

  41. Suka sama comment nya Hafidh Wahyu Purnomo (@Hafidh_Wahyu) terlihat berpendidikan dan seperti sangat menyukai sejarah – sejarah yang ada di dunia.

  42. Hai Selamat Malam…
    Udah ngutek sana sini nyari tentang kisah sejarah Jang Hee Bin ini. Menurut saya apa yang di paparkan di blog ini sungguh rasional. Dengan mengkaitkan beberapa sumber menjadi satu sumber ( kebenarannya tidak bisa di ketahui bahkan oleh ahli sejarah kecuali kita benar benar berada di zaman itu ).

  43. maaf, sedikit meluruskan
    1. di sejarah aslinya memang sukjong yang melihat jang okjung sedang mengguna-guna ratu inhyeon
    2. jang ok jung bukan satu2nya selir yang jadi ratu, banyak pendahulunya seorang selir yg jd ratu seperti queen yoon ibu yeonsangun.
    3. choi suk bin tidak diusir dari istana melainkan melakukan perawatan karena sakit di istana inhyeon, istana yang diberikan sukjong pada choi sukbin.
    4. kalo soal kasta, jelas choi sukbin jauh lebih rendah dari jang heebin.
    5. posisi jang heebin aman karena sukjong mengkhawatirkan penggulingan putra mahkota. jika jang okjung tidak melakukan kesalahan fatal tidak mungkin dia di hukum mati.

    silahkan baca history kerajaan korea terlebih dahulu supaya tidak menyebarkan informasi yang salah. dan drama ini sempat mendapat banyak kritikan karena tidak sesuai dengan sejarah aslinya

  44. Situs makam selir Suk Bin masih ada, banyak diziarahi dan namanya dihormati orang korea. Itu yang dipercaya mereka, makanya rating drama Jang ok Jung sangat rendah disana. Kita orang Indonesia nggak usah brlebihan menelisik kebenaran sejarah korea. lbh baik pahami sejarah nusantara yg sudah berabad-abad

  45. sumber dari mana itu? kita sama gak tahunya apa yg terjadi dimasa itu jadi jangan mereka² sendiri.. nikmati saja film nya semua sdh menjadi legenda/cerita rakyat yg cerita sebenarnya sudah kabur menjadi mitos².. ada catatan resmi pun minim.

    klo saya pribadi lebih suka film dongyi meski sdh nonton berkali² msih tetep bikin nangis terharu.

    • jang ok jung is the best
      pasti ada alasan tersendiri baginya utk hidup seperti itu
      dia dihukum mati dan anaknya hanya berkuasa 4 tahun itupun sakit sakitan
      betapa malangnya wanita cantik ini

  46. Kirain di drakornya sukjong sangat menyayangi PM yi yun anak dari jang hee bin. Ternyta malah tidak dan menyayangi anak dari selir yang lain .. Rasanya kasihan sii😥 tapi sudah jadi sejarah :’) . drakornya juga bagus romance bikin terharu

    • selir pertama yg di naikkan tahta nya mnjdi ratu pd jaman dinasti joseon bukan jang hee bin tp royal noble consort yoon yg akhrnya mnjadi ratu jeheon istri raja seongjong

  47. Yg hanya nonton JOJ pasti Pro Ok-Jung, yg hanya nonton Dong Yi pasti Pro Choi Suk Bin, kedua drakor itu dibuat sama orang korea, jangankan kita, orang koreanya sendiri punya 2 pendapat & dukungan yg berbeda. Karena sampai saat ini baik garis turunan dari Ok-Jung maupun cucu buyutnya Choi Suk Bin, masih pada idup di korea. Demikian juga keturunan2 Soron & Noron……
    Yg Belum nonton JOJ maupun DY, baikan nonton My Girl Friend is a Nine Tailed Fox aja…., jadi entar Pro-nya sama Gumiho….hahaha)

    • Kata siapa Jang Hee-bin masih punya keturunan sampai sekarang? Anak satu-satunya, Raja Gyeongjong pun tidak punya anak. Kalau Choe Suk-bin, masih punya keturunan sampai sekarang. Bahkan kaisar terakhir Korea, Kaisar Sunjong, masih punya hubungan sama Choe Suk-bin, dan yang mengklaim tahta Joseon, Yi Won, masih hidup, dan beliau pun masih keturunan Choe Suk-bin.

  48. Yang bilang bahwa drama JOJ itu mendekati sejarah, salah besar! Menurut sejarah, Putra Mahkota Yun lahir tahun 1688, sedangkan JOJ dihukum mati tahun 1701, beda 13 tahun. Masa di drama JOJ, ketika Jang Hee-bin dihukum mati, Putra Mahkota Yun-nya masih bayi? Masih mending di drama Dong Yi. Kemudian, yang bilang bahwa sejarah dibuat oleh pemenang itu salah besar! Karena pada zaman Joseon, setiap kejadian di kerajaan ditulis secara detail di sillok, dan yang menulisnya adalah orang yang obyektif, bahkan raja pun tidak bisa melihat catatannya sendiri. Korea tidak seperti di Indonesia di mana sejarah dibuat oleh pemenang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s