Bertemu, berteman dan berpisah

ImageSeorang teman bercerita kepadaku, tentang betapa mengejutkannya sebuah pertemuan. Kemudian dia bercerita tentang indahnya pertemanan. Dan pada akhirnya tentang betapa menyakitkannya sebuah perpisahan. Pertemuan, pertemanan dan perpisahan adalah tiga hal yang tidak pernah bisa dipisahkan.

Saat pertama kali bertemu dengan seseorang, kita tidak akan pernah tahu akan sejauh apa hubungan yang akan berlangsung. Seminggu, dua bulan atau sepuluh tahun. Ada banyak hal yang terjadi saat dalam jangka waktu yang panjang itu. Ada suka, duka dan benci. Kita juga tidak akan mengira kalau suatu saat harus ada perpisahan. Entah itu sebuah perpisahan yang menggembirakan atau menyakitkan.

Sepasang kekasih yang bertemu tanpa sengaja di sebuah kereta yang melaju dari ujung barat ke ujung timur pulau Jawa, kemudian menjalin kasih dalam beberapa tahun, menikah beberapa tahun dan kemudian dipisahkan dengan sebuah kematian. Mungkin menyakitkan tapi indah dalam arti lain.

Tidak seperti pasangan lain yang berpisah karena sebuah perceraian. Mungkin perpisahaan ini terlihat indah, karena masing-masing pribadi merasakan kebebasan. Tapi sekaligus menyakitkan. Akan ada kata “Kita seharusnya tidak pernah bertemu”

Saat bertemu adalah saat-saat kita tidak pernah mengira kita akan bertemu.

Saat berteman adalah saat-saat kita menghargai pertemuan

Saat berpisah adalah saat-saat dimana kita berpikir kembali, merenung, mensyukuri atau bahkan menyesali

Yang bisa kita lakukan adalah, berusaha sebaik-baiknya me-manage dan menikmati moment-moment pertemuan, pertemanan dan juga perpisahan. Karena kita tidak akan pernah tahu kapan kita akan bertemu, selama apa kita berteman dan kapan kita akan berpisah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s