Campur aduk soal I-Drama, K-Drama, C-Drama dan J-Drama -Part 1-

Raw Drama adalah salah satu alternative hiburanku, daripada memaksa diri nonton drama lokal di televisi yang makin ga keruan. Kenapa aku menyebutnya dengan raw drama? Karena drama ini aku peroleh dengan mengunduh file raw-nya dan menunggu satu atau dua hari untuk mendapatkan subtitle dari para subber yang dermawan.

Dulu drama-drama di televisi masih make sense dan mudah diikuti. Mungkin semenjak Tersanjung 7, dunia drama di pertelevisian Indonesia jadi amburadul, menyedihkan dan benar-benar tidak layak untuk ditonton. Munculnya drama adaptasi juga semakin membuatku muak dengan kreativitas produser, script writer dan sutradara di dunia per-drama-an. Apalagi saat salah satu stasiun televisi menayangkan sinetron non-stop dari sore sampai dini hari. Sinetron ber-genre misteri dengan hantu-hantu balas dendam, atau naga, ular dan rajawali aneh yang beterbangan. Aku benar-benar memutuskan untuk tidak menonton sinetron.

Akhirnya pilihan jatuh pada raw drama yang berasal dari negara-negara tetangga seperti Jepang, Korea, China dan mungkin Taiwan. Satu drama yang membuatku jatuh cinta pada dunia raw drama adalah 1 Liter of Tears yang di bintangi Erika Sawajiri dan Nishikido Ryo.

1_litre_of_tearsDrama Jepang atau yang lebih dikenal dengan “dorama” ini membuatku jatuh cinta dengan drama-drama Jepang. Karakteristik dorama Jepang adalah berangkat dari ide cerita yang sederhana bisa menjadi cerita besar, episode yang singkat, storyline yang kuat, moral of the story yang luar biasa, penceritaan yang cerdas dan realistis, bahkan terkadang dengan ending tak terduga. Salah satu dorama dengan alur cerdas dan ending luar biasa cerdas adalah dorama JIN.

jinDrama ini juga dibuat versi Korea. Dan lets jump to Korea

Aku suka drama Korea, tapi tidak semua. Dan aku termasuk selektif memilih drama Korea. Sebelum memutuskan untuk menonton drama Korea, biasanya aku mencari review dan informasi rating. Drama korea dengan 20 – 24 episode menurutku itu sudah banyak sekali. Sementara aku bukan orang yang sabar untuk menonton drama puluhan seri atau bahkan ber-season seperti drama-drama barat. Salah satu drama Korea yang aku tonton adalah Sungkyungkwan Scandal.

SungkyunkwanScandal01

Lets jump to China atau mungkin Taiwan

Salah satu drama China atau Taiwan yang aku suka adalah To Liong To atau Heaven Sword and The Dragon Sabre yang tayang pertama kali tayang tahun 1986, segala sesuatu yang berhubungan dengan martial art aku selalu lebih suka mencari drama-drama genre ini dari Taiwan atau China

Heaven Sword And The Dragon Sabre

Drama ini menurutku paling epic dari sejarah semua drama yang aku suka, apapun versinya, aku selalu suka.

Disamping segi cerita, rating dan review, aktor merupakan salah satu hal yang bisa mempengaruhi aku untuk menonton drama. To be continue

Leave a Reply

