Konser Musik Semesta Cinta

This post will full by pictures😄

Sebelumnya, dalam blog ini aku bercerita tentang mimpi menonton teather atau konser orkestra. Dan menonton teather sudah terpenuhi dengan menonton Surti dan Tiga Sawunggaling di Gedung teather Salihara. Kali ini aku mendapatkan satu kesempatan lagi untuk bisa menonton konser musik orkestra milik Dian HP hari sabtu kemarin, walaupun tak sebesar panggung orkestra seperti milik Purwacaraka, Erwin Gutawa atau Adi MS. Tapi hal ini sudah membuatku merasakan menonton konser musik orkestra secara live seperti keinginanku! Dan aku senang sekali, karena memang kesempatan tak pernah datang dua kali.

Konser musik ini berjudul Konser Semesta Cinta, bertempat di Gedung teather Salihara. Konser musik berdasarkan album artsong ini adalah hasil kolaborasi antara Dian HP sebagai komposer dan Sitok Srengenge sebagai pembuat lirik lagunya. Yang istimewa dari konser musik Semesta Cinta ini adalah lirik lagunya, yang berasal dari puisi dan komposisi lagu yang menggunakan musik orkestra.

Album Semesta Cinta menghimpun 12 lagu yang digubah sebagai usaha menafsir makna cinta dari berbagai persepsi, merenungkan esensi elemen utama alam semesta. Judul lagu dan penyanyi-nya adalah sebagai berikut :

Waktu : Lea Simanjuntak dan Christopher Abimanyu
Ruang : Ary Kirana dan Hedi Yunus
Cahaya : Dea Mirella dan Rayen
Udara : Andrea Miranda dan Lucky Oktavian
Kabut : Lisa Depe dan Leo Simanjuntak
Tanah : Ira Batti dan Gideon Hallatu
Air : Uchie Nurul dan Gabriel Harvianto
Batu : Jeannete dan Pungky Purnanto
Api : Binu Sukman dan Agus Wisman
Bayang : Sruti Respati dan Samsara
Hati : Sita Nursanti dan Chandra Satria
Cinta : Semua penyanyi

Konser Semesta Cinta yang dilaksanakan pada tanggal 6 – 7 Agustus yang lalu diselenggarakan bertepatan dengan syukuran ulang tahun bu Dian HP yang berulang tahun pada tanggal 2 Agustus. Dan aku mendapatkan undangan untuk menghadiri keduanya. How lucky I am, karena semua teman kelas menulis mendapatkan undangan untuk menghadirinya. Ya, karena bu Dian HP adalah teman kelas menulisku.

Aku tiba di Salihara sebelum waktu berbuka, di sana sudah menunggu Lilya dan Cindy. Aku melihat beberapa tamu undangan lain sudah berkumpul, diantaranya aku mengenal mereka sebagai public figure di kalangan penyanyi dan pemusik seperti, Hedi Yunus (Kahitna), Agus Wisman (Elfa’s Singer), Dea Mirella, Titik Puspa, Purwacaraka, Christopher Abimanyu, dan Sita (RSD). Juga dari kalangan perfilman dan televisi seperti, Mira Lesmana, Ari Tulang, Ingrid Wijarnako, dan beberapa orang lagi karena aku lupa namanya😄. Dan beberapa penulis dan sastrawan, seperti Sitok Srengenge, tentu saja dan Nirwan Dewanto.

Konser dimulai jam 20.00 wib, sebelumnya seluruh tamu undangan berbuka puasa terlebih dahulu. Agak sedikit canggung berkumpul dengan beberapa public figure yang biasanya hanya dikenal lewat layar kaca, dan kini bisa berkumpul dengan mereka dalam satu ruangan, bersipapas atau bahkan mengantri bersama untuk mengambil hidangan berbuka puasa. Untung saja, aku bukan tipe orang yang langsung heboh saat melihat artis berseliweran di depan mata. Kecuali yang lewat di depan mataku ini member KAT-TUN. Well okay, bukan saatnya membicarakan mereka😄

Jam 20.00 tepat, para tamu undangan mulai memasuki gedung teather dengan menunjukan kartu undangan masing-masing. Tidak seperti sebelumnya, sekarang aku sempat mengabadikan set konser Semesta Cinta sebelum dimulai. Karena pada saat konser berlangsung, pengambilan gambar ataupun perekaman dilarang.

ini set sebelum dimulai

ini setelah selesai konser

bangku-bangku di Salihara

Konser dibuka dengan ucapan terimakasih dari Bu Dian HP dan latar belakang dari album Semesta Cinta. Setelah itu sebelas pasang penyanyi tampil secara bergantian. Urutan tampil seperti yang sudah aku tulis sebelumnya. Orkestra yang terdiri dari Biolin, Biola, Selo, bass, suling, klarinet, piano, trompet, bass akustik dan keyboard berharmonisasi dengan sangat apik. Penonton bertepuk tangan dengan semangat sebagai salah satu penghargaan setiap satu lagu selesai ditampilkan. Pada pertengahan konser bu Dian HP meminta pak Sitok untuk tampil dipanggung dan membacakan salah satu puisinya. Kata pak Sitok, membawakan puisi dengan lagu adalah salah satu cara menikmati puisi agar lebih mudah diterima oleh siapa saja. Dan sebagai perbandingan menikmati puisi yang tidak nikmat pak Sitok membacakan puisi Api, sebagai kado ulang tahun untuk bu Dian HP. Dan konser diakhiri dengan standing applause dan teriakan encore untuk mengulang perform. Akhirnya para penyanyi tampil kembali untuk menyanyikan lagu terakhir.

Konser Semestra Cinta ini benar-benar full of awesomeness. Aku sangat menikmati setiap alunan musik dan liriknya yang indah penuh makna tersirat . Konser kali ini membuatku membeli satu album original dengan versi Limited Edition.

Ada satu hal yang aku sadari di sini, mendengarkan lagu melalui cd dan konser secara live itu berbeda sekali fell nya. Konser secara live terasa lebih wah dibandingkan mendengarkan cd. Buat bu Dian HP dan pak Sitok Srengenge terimakasih atas udangannya yang membuat mimpi dan harapanku tercapai.

Berikut aku sertakan beberapa lirik puisi pak Sitok

Kau, suara yang sayup kudengar saat mula selaput telinga tergetar
senandung kidung segugup degup jantung, membisikkan fajar
sejenak setelah aku sadar, mengajar mengeja semesta cinta
sampai sangkakala melengking melengkapkan usia (waktu by Sitok Srengenge)

Aku penuh oleh kau yang tak membiarkanku menghampar hampa
aku takjub pada hidup yang berdegup, cinta yang bergema (ruang by Sitok Srengenge)

Bu Dian HP dan Pak Sitok Srengenge terimakasih atas kesempatannya!      

2 thoughts on “Konser Musik Semesta Cinta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s