I love my fandom life (3) J-Fans United

Minggu kemaren, aku janjian bareng temen-teman fandom untuk datang ke Gelar Jepang Universitas Indonesia. Rasanya sudah hampir dua tahun lebih aku tidak datang ke acara-acara fandom dan Gelar Jepang. Universitas Indonesia adalah salah satu institusi yang selalu mengadakan Gelar Jepang setiap tahun.

Gelar Jepang adalah sebuah acara yang isinya berbau tentang Jepang. Mulai dari kesenian tradisional Jepang, pernak pernik, baju dari hakama sampai kimono, pusat informasi, film, anime, cosplay, musik bahkan sampai dengan makanan khasnya seperti okonimiyaki, ramen, sushi, udon, dan masih banyak lagi.

Di acara Gelar Jepang inilah biasanya orang-orang fandom dari berbagai aliran bisa bertemu. Apa itu fandom? Fandom adalah singkatan dari fans domicile. Ada banyak fandom yang hidup di Indonesia, khusunya Jakarta. Ada fans musik rocknya Laruku, X-Japan, Monkey Majic. Ada fans music pop-nya Yui, Utada Hikaru. Ada fans music J-band seperti KAT-TUN, Arashi, NEWS, Kanjani, Momusu, AKB48.

Selain orang-orang fandom, kalangan cosplayer juga memanfaatkan acara ini untuk saling bertemu dan berlomba. Cosplayer adalah kalangan orang-orang yang berusaha tampil seperti tokoh-tokoh idola mereka semirip mungkin. Kebanyakan kalangan cosplayer ini adalah pecinta anime. Di Gelar Jepang, kita bisa melihat banyak orang lalu lalang dengan baju mirip Ksatria Baja Hitam, Gaban, Google-V sampai dengan Kenshin Himura.

Saat kami tiba di Gelar Jepang UI, yang kami cari untuk pertama kali adalah makanan! Setelah perjalanan yang cukup melelehkan dari Jakarta ke Depok , tentu saja hal yang paling di cari adalah makan! Kami memutuskan untuk membeli okonomiyaki. Rasanya enak lho, tapi mungkin lebih enak kalau kita bisa makan di negara asal. Nyam~

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya saat aku masih aktif sebagai salah satu pengurus fandom. Tahun ini lebih terasa menyenangkan, karena seluruh Fans Jepang dari fans music sampai fans kesenian tradisional dapat bersama-sama dan bergandengan tangan menyatukan visi dan misi sebagai satu kesatuan dibawah naungan kepengurusan J-Fans United. Sebagai satu keluarga besar yang mencintai Jepang.

Semoga hal ini bisa berlangsung selamanya dan membuat J-Fans lebih solid. Karena memang -WE ARE ONE, WE UNITED- then WE WILL STRONG

Tanoshikata~ menyenangkan sekali bisa berkumpul bersama teman-teman sesama pecinta Jepang disini, bertemu teman-teman lama yang sudah lama tak bersua. We have a great time together!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s