The Power of Me

Apa yang dilakukan saat manusia mulai menghadapi masalah dalam kehidupannya? Hal yang bisa dilakukan adalah menghadapinya atau berlari untuk menghindarinya. Menghadapi berarti berusaha untuk menyelesaikannya dengan konsekuensi mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan keinginannya atau mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan. Kesimpulannya dalam hidup hanya ada dua kemungkinan baik dan buruk.

Saat mendapatkan hasil yang buruk kita sebagai manusia sangat manusiawi dan secara naluriah pasti akan mengalami masa-masa kecewa dan sedih, bahkan mungkin menyalahkan semua orang atau bahkan Tuhan sekalipun. Saat mendapatkan hasil yang baik kita sebagai manusia akan sangat gembira dan tiba-tiba lupa darimana kebaikan itu datang. Tertawa sepuasnya, berpesta dan saling memberikan selamat.

Walaupun sebenarnya keduanya adalah sama-sama bagian dari cobaan dari Tuhan. Saat mendapatkan kebaikan, masihkah kita ingat dengan rasa syukur atas segala kebaikkan itu? Masihkan kita ingat atas ijin siapakah kita mendapatkan segala kebaikan itu? Dan saat mendapatkan keburukan, masihkan kita mampu bersabar dan ikhlas menerimanya?

Ada kalanya saat manusia kehilangan porosnya, maka saat itu mereka menemukan poros itu hanya pada Tuhan semata. Ada kalanya saat manusia merasakan kehampaan, maka Tuhanlah yang mengisi kehampaan itu. Tuhan melakukan segala sesuatu sesuai dengan porsi masing-masing ciptaannya dan sesuai dengan kemampuan umatnya.

Mungkin salah satu teguran kecil itu datang kepadaku beberapa waktu yang lalu, betapa aku melupakan bagaimana rasanya mencintai Tuhan melebihi apapun. Melupakan bagaimana berikhlas atas segala keputusan-Nya. Melupakan atas indahnya bersyukur atas segala yang diberikan-Nya. Tetapi betapa bahagianya aku saat melewati itu semua, karena aku masih dilihat oleh-Nya, masih begitu dipedulikan oleh-Nya. Itu artinya aku masih dicintai-Nya.

Aku harus bangga pada diriku sendiri. Dan aku perlu memberi penghargaan pada diriku sendiri.

Beberapa waktu ini bahkan sampai saat ini aku sempet merasa kehilangan poros, sempet merasa begitu bodohnya, sempet merasa begitu sedihnya sampai beberapa waktu aku meluangkan waktu sendiri untuk menumpahkan semuanya dengan menangis. Dengan menangis bisa sedikit membuatku merasa lega.

Tapi aku tidak perlu merasa berlarut-larut karena kesibukan mampu mengalihkan perhatianku. Saat kita sakit ternyata Tuhan akan memberikan penawarnya, apapun bentuknya baik yang kita sadari ataupun tidak kita sadari. Walaupun kadang penawar ini tak selalu mampu untuk mengobati sakit. Tergantung bagaimana kita menerima penawar ini, memanfaatkannya dan tau bagaimana untuk meminmunya untuk mengobati.

Penawar-penawar dari Tuhan untukku saat ini

1. Ibu dan Bapak. They just wonderfull parents. Bagaimana mereka tak pernah menuntutku untuk melakukan hal-hal yang tak pernah aku sukai, selalu mendukung apa saja yang aku lakukan asalkan itu baik. Juga pengertian dan kesabaran Ibu dan Bapak yang luar biasa.
2. Teman-teman fandom. fandom selalu membawa aku ketempat-tempat dimana aku selalu menemukan hal-hal baru. Selalu membuatku merasa semakin hidup.
3. Sahabat-sahabat terbaikku. you guys wonderfull.
4. Pekerjaan. Tahun ini aku kebanjiran job dan kepercayaan dari boss-bossku. 3 Direktorat dipercayakan ke aku dengan jumlah anggaran yang tidak sedikit.
5. Kuliah. Walau sempet down, banyak konflik, bingung, males, ngga pernah belajar apalagi ngerjain tugas dengan baik. Alhamdulillah hasilnya memuaskan. IP ku masih nyaris 4. Sempet ngga percaya juga, tapi setelah ngecek Siskamaya, well ternyata nilaiku memang lumayan tinggi XDDD.
6. Ustadzah Aini. Mungkin nasihat-nasihat bagaimana harus bersabar dan ikhlas adalahnya datangnya dari beliau, terimakasih ustadzah…

Dan aku sudah siap untuk menghadapi semua ini walau sendirian, it’s doesn’t a matter

Leave a Reply

